TNI  

Danramil 0825/14 Kabat Hadiri Festival Sapar- Saparan Desa Pondoknongko

Banyuwangi, ENEWS.CO.ID – Dalam rangka melestarikan adat budaya tradisi Masyarakat, memasuki bulan Suro atau sapar dalam kalender jawa, Pemerintah Desa Pondoknongko Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Festival Sapar- Saparan Kamis (22/09/2022).

Acara kegiatan Festival Sapar- Saparan yang di laksanakan pada pagi ini tepatnya pada Hari Rabu Wekasan atau yang di kenal dengan Rabu Pungkasan di Bulan Sapar,ini merupakan kegiatan rutinitas yang setiap tahun di adakan oleh Pemerintah Desa Pondoknongko bersama warga masyarakat setempat guna Nguri- Nguri( Melestarikan) adat budaya dan tradisi Desa Pondoknongko.

Dalam kegiatan ini Warga masyarakat Desa Pondoknongko menyediakan Jenang Sapar di sepanjang jalan untuk masyarakat juga untuk umum secara gratis. Acara yang berpusat di halaman Desa Pondoknongko berjalan sukses dan meriah. Kegiatan Sapar- Saparan yang di laksanakan oleh Pemerintah Desa Pondoknongko bersama masyarakat mendapat sambutan yang sangat luar biasa. Hadir pula Danramil 0825/14 Kabat dan Forum Pimpinan Kecamatan ( FORPIMKA) Kabat.

BACA JUGA :  Waka Polres Bondowoso Hadiri Pembukaan Baksos di Klinik Traktakan Wonosari

Seusai acara Hamdan Romahurrmuzi selaku Kepala Desa( KADES) Pondoknongko menyampaikan kepada Awak Media,” Syukur alhamdulillah kegiatan Sapar- Saparan pada pagi hari ini bisa dilaksanakan di Balai Desa yang sebetulnya acara kegiatan ini biasa di laksanakan di pesisir pantai karena sutuasi kondisi yang tidak bersahabat maka acaranya di pindah ke Balai Desa Pondoknongko.” Ucap Hamdan Romahurrmuzi.

BACA JUGA :  Akseptor MOW, Babinsa 0822/01 Kota Hadiri Giat Baksos IBI

Selain itu” kami mencoba koodinasi dengan para nelayan bahwa acara tetap kita laksanakan walaupun tidak di tempat biasanya namun semangatnya tetap sama menguri-uri warisan leluhur kita untuk memberikan pelajaran kepada generasi muda yang ada di wilayah Desa Pondoknongko.

Masih lanjut ” kami berharap untuk masyarakat tetap menjaga budaya dan tradisi ini jangan sampai di hilangkan harus tetap di lestarikan,kegiatan Sapar- Saparan mendapat sambutan luar biasa respon dari masyarakat sangat baik acara berjalan dengan lancar dan meriah karena ini sudah menjadi tradisi Desa Pondoknongko mungkin acara ini sangat di tunggu- tinggu,karena kegiatan ini di adakan di tengah- tengah perkampungan animo masyarakat sangat luar biasa.” Ujarnya.

BACA JUGA :  Polres Probolinggo Gelorakan Semangat Merah Putih Sambut Hari Kemerdekaan RI

Sementara Danramil 0825/14 Kabat menyampaikan,” Terima kasih kami mersa terhormat mendapat undangan dari Kades Pondokmongko dalam rangka Festival Sapar- Saparan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Desa bersama warga masyarakat untuk menguri-uri (melestarikan) adat budaya tradisi yang setiap tahunnya di adakan tepatnya pada Hari Rabu Pungkasan di bulan sapar.” Tutur Kapten Kav. Makali. (Iw)