TNI  

Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Panen Perdana Pisang CAVENDISH

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pisang Cavendish banyak dikembang biakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. Dalam kultur jaringan pisang, sampai saat ini yang banyak dikenal adalah kultur dengan eksplan bonggol.

Dandim 0822 bersama Forkopimda Bondowoso menghadiri panen perdana pisang Cavendish, bertempat di kebun bibit Dinas Pertanian Bondowoso Desa Maskuning Kulon Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, Sabtu (26/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri PDTT Dr. (H.C). H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd., Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc., Sekjen Kemenkeu Bpk. Heru Pambudi, Sekjen Kemenko Oerekonomian Bpk. Susiwiyono Meorgiarso, Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Bapak Ir. Eko Sri Haryanto, M.M., Sekretaris Direktorat Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Ibu Mety Susanty, S.H., M.Si.,
Penyerasian Pembangunan Sarana Dan Prasarana Ditjen PPDT, Ir. Sofyan Hanafi, M.Si, Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr. Hanla, Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko SIK., Ketua DPRD Bondowoso H. Muhammad Dafir, Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M., Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dan Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani, S.Pd., serta Bupati Jember Jember Ir. H. Hendy Siswanto,. ST.

BACA JUGA :  Dalam Rangka TMMD Ke 116 Wilayah Kodim 0822, Serahkan Bantuan Meubelair UPTD SPF SDN Kerang dan UPTD SPF SDN Pecalongan

Menteri PDTT Dr. (H.C). H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, “Kabupaten Bondowoso adalah penyedia produksi buah-buahan untuk merangsang para petani pisang Cavendish lebih serius dalam bertani pisang Cavendish. Pisang Cavendish dari Indonesia kita ekspor ke negara Jepang, Cina, UEA itu hanya sekitar 10 % dari hasil para petani.

BACA JUGA :  DPRD Tak Pernah Tolak Anggaran Baik Usulan Perbaikan jalan, Begini Penjelesan H. Ahmad Dhafir

Kolaborasi dan sinergitas sangat dibutuhkan untuk memajukan kesuksesan petani pisang Cavendish ini. Khusus pisang ini ekportir terbesar didunia satu bulannya 1500 kontainer , Pemerintah secara nasional sudah 80% sudah teratasi.

BACA JUGA :  Babinsa 0822/11 Tapen Jadi Irup, Upacara Hari Senin dan Berikan Motivasi

Mudah mudahan Bondowoso bukan hanya menjadi Republik kopi tetapi juga menjadi Republik Banana(Pisang),” tuturnya.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rdc