Kembalikan Fungsi Hutan, Ribuan Bibit Pohon di Tanam di Obyek Vital PLTA Niyama Tulungagung

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Wilayah Kerja Perum Perhutani RPH Besuki BKPH Bandung KPH Kediri melaksanakan gerakan penanaman bersama ribuan pohon di obyek vital PLTA Niyama Tulungagung, Rabu (7/12/2022) pagi.

Sebanyak ribuan pohon tersebut terdiri dari 2 jenis yaitu 1200 pohon jenis kopi dan 1200 pohon jenis alpukat.Sebelum kegiatan penanaman bersama dimulai, dilakukan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh perwakilan ADM KKPH Kediri kepada Ketua DPRD Tulungagung, Marsono S.Sos yang kemudian diberikan kepada petani pesanggem.

Ketua DPRD Tulungagung, Marsono sangat mendukung kegiatan gerakan penanaman bersama tersebut. Dirinya juga berharap, hutan lestari gunung menjadi subur masyarakat pun jadi makmur.

BACA JUGA :  Ngamar di Tempat Kos, Lima Muda Mudi Diamankan Satpol PP Tulungagung

Sementara itu, Perwakilan ADM KKPH Kediri, Agus Suharya saat menghadiri kegiatan gerakan bersama penanaman pohon menyampaikan, pihaknya juga mendukung penuh kegiatan tersebut.

Kedepan, pihaknya juga akan mensupport sebanyak 2000 tanaman buah buahan.

BACA JUGA :  Ungkap Kasus Pengeroyokan dan Pencurian, Polisi Amankan 21 Tersangka

“Kegiatan ini bukan hanya saat ini saja, mungkin berkelanjutan. Insya Alloh penanaman berikutnya ADM mensupport menyediakan bibit 2000 tanaman buah buahan diantaranya ada bibit buah duren, alpukat, nangka jadi nanti berkesinambungan,” ujarnya.

Dalam kegiatan untuk menghijaukan kembali bumi Agus Suharya mengatakan, yang terpenting hutan lestari masyarakat sejahtera. Menurutnya, hutan itu memiliki fungsi diantaranya yang utama yaitu untuk menjaga lingkungan dalam hal ini jangan sampai terjadi longsor dan banjir, kemudian untuk menopang ekonomi.

BACA JUGA :  Pimpin Inspeksi Pasar Jelang Ramadhan, Bupati Tulungagung : Masih Dalam Ambang Batas Kewajaran

Diterangkan juga, semisal 1 hektar hutan yang ideal mampu menghasilkan oksigen 5000 ton per tahun.

“5000 ton itu identik dengan 5 juta kg oksigen. Kalau dihitung per pohon bisa sedekah oksigen 13 kg,” imbuhnya.