Galakkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Tulungagung Gandeng Saka Pramuka

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulungagung menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula dan pembentukan Satua Karya (Saka) Pramuka Adhyasta Pemilu bertempat di Barata Convention Hall, Selasa (13/12/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung Fayakun, SH, M.Hum, MM, dalam kegiatan tersebut mengatakan, Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat sekaligus sarana aktualisasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik.

Dijelaskannya, sebagai pemegang kedaulatan, posisi masyarakat dalam Pemilu mendapatkan subyek yang luar biasa sebagai yang paling utama, pemilu identik dengan pemilih yang mana diposisikan pemilih ini merupakan kunci yang utama suksesnya dalam Pemilu.

BACA JUGA :  Tak Puas Putusan PN Tulungagung, Carolyn Ajukan Banding

“Termasuk Saka Pramuka Adhyasta yang akan dikukuhkan pada hari ini, nantinya merupakan komponen yang luar biasa dari Pramuka dalam mengawal Pemilu maupun Pilkada Tulungagung tahun 2024 nanti,” ucap Fayakun.

Dikatakannya, Bawaslu Kabupaten Tulungagung sebagai lembaga yang diberi mandat menyelenggarakan Pemilu di Tulungagung berkewajiban meningkatkan partisipasi kesadaran masyarakat dalam mengawasi serta mengikutkan dalam penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Tulungagung.

BACA JUGA :  Terungkap Identitasnya, Mayat Perempuan Mengapung Di Sungai Brantas Jeli Karangrejo Warga Magetan

Yang menurutnya pada tahun 2024 nanti ada momen luar biasa besar dalam demokrasi yang tentu tidak pernah terjadi dalam Pemilu Pemilu sebelumnya.

“Dalam satu tahun yakni 2024 nanti ada agenda yang besar yaitu Pemilu pada 14 Februari dan pada tanggal 27 November ada Pemilihan Bupati Tulungagung,” ujar Fayakun.

BACA JUGA :  Gedung Satya Haprabu Polres Tulungagung Diresmikan Bupati Maryoto

Maka untuk mewujudkan Pemilu yang berazaskan LUBERJURDIL menurut Fayakun, salah satunya yakni dengan mengajak atau menggandeng sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Saka Adhiyasta Pemilu untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu.

“Gerakan Pramuka yang merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat mempunyai potensi besar dalam pengawasan Pemilu, maka dalam asosiasi Saka Adhyasta ini anggota akan mendapatkan pembelajaran berorganisasi dan pelatihan,” imbuhnya.