Galakkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Tulungagung Gandeng Saka Pramuka

banner 468x60

Ditambahkannya, bahwa sesuai namanya Saka Adhyasta adalah “Penjaga atau Pengawal” dalam hal ini mengawal Pemilu di bidang pengawasan partisipatif.

Dan menurutnya, selama ini pihaknya belum pernah membentuk suatu satu kesatuan yang dipermanenkan didalam pengawasan partisipatif dan berfungsi sebagai pelopor di bidang khusus diantara Saka – Saka Pramuka yang ada sebelumnya diantaranya adalah Saka Bhayangkara, Dirgantara, Bahari, Bhakti Husada, Bina Sosial, Kerohanian, Pariwisata dal lain – lain.

“Hari ini kita bentuk kepengurusan Saka Adhyasta yang akan dikukuhkan ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Tulungagung, dan ini akan kami catat sebagai sejarah kepemiluan di Tulungagung yang nantinya akan kita sampaikan ke Bawaslu Pusat, ini adalah momen yang luar biasa,” tambahnya.

BACA JUGA :  DAK 2022 Rampung, Kabid Paud Dikmas Dispendikpora Tulungagung : Sudah Serahterima ke Lembaga

Selanjutnya Fayakun mengatakan, saat ini sudah terbit Perpu dari Undang Undang Pemilu 2017 dan untuk itu menurutnya ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada adik adik anggota Pramuka sebagai pengawas partisipatif melalui kegiatan – kegiatan yang fokus pada kepemiluan.

BACA JUGA :  Jelang Masa Jabatan Berakhir, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Silaturahmi Dengan Awak Media

Sementara itu, Ketua Saka Adyasta terlantik Endro Sunarko yang juga sebagai Komisioner / Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Tulungagung mengatakan pembentukan Saka Adhyasta merupakan bagian dari menggandeng semua elemen masyarakat dan pengembangan untuk meneruskan estafet – estafet pengawasan partisipatif yang terlembagakan.

“Harapannya kita nantinya bisa mengkulturkan pemahaman kepada generasi muda sejak dini terkait Pemilu diantaranya “Money Politik adalah melanggar aturan Pemilu. Yang mana melalui Saka Adyasta organisasi Pramuka ini akan kita ajak bermitra dalam hal kepengawasan Pemilu,” harapnya.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Polres Tulungagung Musnahkan Ribuan Botol Miras Dari Berbagai Merek

Untuk diketahui kepengurusan Saka Adhyasta Tulungagung masa bhakti 2022 – 2025 yang beranggotakan dari siswa siswi SMA dan SMK di Tulungagung dikukuhkan dan dilantik langsung oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tulungagung Prof, Dr H, Akhyak M,Ag dengan dihadiri oleh Kepala Kemenag Tulungagung dan Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Tulungagung dan Trenggalek.