Selain Meningkatkan Daya Ingat, Berikut Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

banner 468x60

2. Mencegah depresi

Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi hitam bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya depresi. Selain itu, konsumsi kopi hitam secara rutin juga dapat mengurangi risiko melakukan bunuh diri akibat depresi.

3. Mencegah pikun

Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terjadinya pikun. Selain itu, konsumsi kopi hitam juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang mengungkap manfaat kopi hitam dalam memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan. Namun, manfaat kopi hitam ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Pendengaran Sedunia 2023, Dinkes Tulungagung Gelar Senam Prolanis dan Baksos

4. Menjaga kesehatan hati

Kopi hitam juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, termasuk menurunkan risiko terbentuknya jaringan parut dan kanker hati pada penderita gangguan hati. Manfaat kopi hitam ini diyakini berkat kandungan antioksidan di dalamya.

5. Menurunkan berat badan

Kafein yang terkandung di kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pembakaran lemak, terutama jika dibarengi dengan olahraga.

BACA JUGA :  Rumah Sakit Tarakan dan Cilacap Belajar Tata Kelola ke RSUD dr. Iskak Tulungagung

Selain dengan meningkatkan pembakaran lemak, kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

6. Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat kopi hitam lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan serta mineral lain dalam kopi dapat mencegah penyakit degeneratif, salah satunya adalah diabetes tipe 2.

BACA JUGA :  Dinkes Tulungagung Sidak Takjil, Temukan 4 Produk Mamin Mengandung Bahan Pewarna Textile

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah.

7. Mencegah penyakit jantung

Tak hanya diabetes, kopi hitam juga bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung dan stroke. Selain karena kaya akan antioksidan, penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini juga berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.