Barusan, Gempa Bumi 5.6 Magnitudo Guncang Pacitan, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Baru saja terjadi Gempa Bumi yang terasa guncangannya sampai di wilayah Kabupaten Tulungagung malam ini. Senin, 9 Januari 2023 sekira pukul 19.30 WIB.

Melansir dari Laman resmi BMKG melaporkan, kejadian dan Parameter Gempabumi: 

Hari Senin 09 Januari 2023 pukul 19.26.31 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Pacitan, Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik.

BACA JUGA :  Agung Mulyono Siap Turun Ke Medan Tempur Untuk Maksimalkan Perolehan Suara Demokrat Di Dapil Empat

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,4. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,93” LS , 111,13” BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 Km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 59 km. 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempang Eurasia.

BACA JUGA :  Diduga Konsleting Arus Pendek listrik Tewaskan Lansia  di Grujugan Cermee

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault). 

Dampak Gempabumi: 

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman Kulon Progo, Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Blitar, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Banjarnegara, Wonosobo, Karangkates dan Kebumen dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA :  Wagub Emil Tekankan Pentingnya Gotong Royong Bagi Masyarakat Dan Jaga Kemerdekaan