Barusan, Gempa Bumi 5.6 Magnitudo Guncang Pacitan, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Baru saja terjadi Gempa Bumi yang terasa guncangannya sampai di wilayah Kabupaten Tulungagung malam ini. Senin, 9 Januari 2023 sekira pukul 19.30 WIB.

Melansir dari Laman resmi BMKG melaporkan, kejadian dan Parameter Gempabumi: 

Hari Senin 09 Januari 2023 pukul 19.26.31 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Pacitan, Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik.

BACA JUGA :  Kemarau Panjang Seluas 1 Hektar Kabakaran Hutan dan Lahan di Sumber Canting Wringin Bondowoso 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,4. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,93” LS , 111,13” BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 Km arah Selatan Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 59 km. 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempang Eurasia.

BACA JUGA :  Tanggapi Keluhan Masyarakat, Polres Tulungagung Akan Kembali Terapkan Tilang Manual

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault). 

Dampak Gempabumi: 

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman Kulon Progo, Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Blitar, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Nganjuk dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Banjarnegara, Wonosobo, Karangkates dan Kebumen dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA :  Diduga Konsleting Arus Pendek listrik Tewaskan Lansia  di Grujugan Cermee