Hadiri Pelantikan, Bupati Tulungagung : PPS Harus Miliki Integritas Komitmen

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Panitia Pemungutan Suara (PPS) mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum di tingkat Desa/Kelurahan pada Pemilu 2024 mendatang. Untuk itu, Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM, menyampaikan kepada seluruh anggota PPS harus memiliki integritas komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya.

“Maka dari itu kesempatan yang baik ini atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung, saya ucapkan selamat dan sukses kepada Panitia Pemungutan Suara Kabupaten Tulungagung yang baru saja dilantik,” ucap Bupati Tulungagung, Maryoto dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji anggota Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Tulungagung, bertempat di Hall Crown Victoria Hotel Tulungagung, Selasa (24/01/2023).

Sebanyak 813 orang anggota Panitia Pemungutan Suara dilantik KPU Kabupaten Tulungagung dalam rangka Pemilu 2024 mendatang. Kegiatan turut dihadiri oleh Ketua KPU Tulungagung beserta jajaran, jajaran Forkopimda Tulungagung, Ketua Bawaslu Tulungagung, OPD terkait, Camat se-Kabupaten Tulungagung, Lurah / Kades se-Kabupaten Tulungagung, para PPK / PPS dan undangan terkait lainnya.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kasus Pencurian di Pabrik Alat Dapur di Sumberejo Wetan Ngunut

Pada kesempatan itu Bupati Maryoto juga mengatakan, perlu di pahami bersama, bahwa Pemilihan Umum tahun 2024 yang akan datang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk 5 tahun ke depan.

BACA JUGA :  22 Peserta se Kecamatan Pagerwojo Ikuti Tes Wawancara Seleksi Pemilihan Pengawas Desa

“Maka dari itu penyelenggaraan pemilihan umum harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil serta dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Bupati.

Disamping itu, menurut Maryoto, bahwa kesuksesan Pemilu membutuhkan dukungan dan peran serta dari semua stakeholder terkait dan sukses penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dapat dilihat dari segi prosedural maupun substansial.

“Secara prosedural, kesuksesan pemilu dapat dilihat dari pelaksanaan tahapan demi tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, adanya dukungan anggaran serta peraturan perundang-undangan sebagai landasan regulasi perundang-undangan dalam pelaksanaan Pemilu itu sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA :  Relawan Peduli Sosial Komunitas Aku Wongmu Lo, Kembali Salurkan Sembako ke Pelosok Desa

Adapun kesuksesan secara substansial dapat dilihat apabila pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang aspiratif dan mampu membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat

“Menurut hemat saya, peran penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum termasuk di dalamnya Panitia Pemungutan Suara harus memiliki integritas komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya, pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat dengan baik, sehingga kesuksesan Pemilihan Umum Tahun 2024 dapat tercapai,” terang Bupati.