Menkes RI Akan Replikasi Inovasi Pelayanan di RSUD dr. Iskak Tulungagung Untuk Percontohan Nasional

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr. Iskak Tulungagung. Kunjungan Menkes kali ini guna mempelajari manajemen dan sejumlah layanan unggulan di rumah sakit daerah milik Pemkab Tulungagung.

Dalam kunjungannya, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin memberi kredit tinggi terhadap tata kelola layanan perumahsakitan di RSUD dr Iskak Tulungagung yang dinilai sudah modern dan transparan, sehingga akan dijadikan “role model” atau percontohan nasional.

“Saya sudah dengar prestasinya banyak, layanan ke masyarakatnya baik, teknologi informasinya baik, saya mau lihat sendiri,” ucap Menkes Budi Gunadi, Kamis (2/2/2023).

BACA JUGA :  Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Gelar Pembelajaran Bersama di RSUD dr. Iskak

Menurutnya, tata kelola pelayanan di RSUD dr, Iskak sudah seperti yang ia harapkan, terutama dalam pemberlakuan sistem tarif dan pemberian tunjangan kepada para nakes (tenaga kesehatan) beserta seluruh SDM pendukung, berbasis cost unit (satuan harga).

BACA JUGA :  Beri Rasa Aman, Babinsa Tamanan Dampingi Penyaluran BLT DD

Baik yang berkaitan dengan jasa medis, obat, fasilitas penunjang maupun unsur-unsur biaya lain yang semuanya terukur dan memiliki patokan tarif yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Dikatakannya, RSUD dr. Iskak yang terletak di wilayah paling selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia tak membuatnya “terbelakang”.

“Letaknya yang jauh dari ibu kota tak membuat kota ini “terbelakang” dalam hal pengelolaan, bahkan mampu menjadi daerah yang berhasil membuat terobosan dan inovasi tata layanan kesehatan secara terintegrasi,” kata Budi Gunadi.

BACA JUGA :  Pemenang Lomba Hadrah dan Adzan Dapat Hadiah Umroh Gratis Dari Kapolres Tulungagung

“Saya menyaksikan sendiri penerapan aplikasinya, dan itu mengagumkan, saya datang ke sini untuk memastikan pelayanan yang diberikan rumah sakit ini kepada masyarakat, karena kabar yang saya terima, rumah sakit ini sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan,” imbuhnya.