Buka Musrenbang RKPD Tulungagung Tahun 2024, Bupati : Orientasi Pada Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tulungagung Tahun 2024, bertempat di hall Crown Victoria Hotel Tulungagung, Senin (13/03/2023).

Dalam sambutannya Bupati Maryoto mengatakan, Forum Musrenbang RKPD ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis aktual yang akan menjadi dasar penentuan sasaran dan prioritas pembangunan daerah. 

“Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam pelaksanaan program dan kegiatan tetap konsisten untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kapolres Tulungagung Hadiri Launching Sentra Gakkumdu Tulungagung Dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024

Bupati juga menyampaikan, dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2024 merupakan tahun pertama dalam periode Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026. Dikatakannya, Pemerintah telah menetapkan lima prioritas menuju Indonesia maju yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Investasi, Penyederhanaan Birokrasi dan Transformasi Ekonomi. 

“Bapak Presiden juga telah memberikan arahan kepada pemerintah daerah agar berupaya untuk melakukan pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ektrem sampai target 0% pada 2024, penurunan stunting, membuka peluang investasi, memastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri, mendesain kabupaten dengan baik untuk memaksimalkan potensi daerah, menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024 serta menjamin kebebasan beragama,” terangnya. 

BACA JUGA :  Kader PDI Perjuangan Kabupaten Tulungagung, Dra. Sukarti Ali Muchtar Mengucapkan : Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2023

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga telah mengintegrasikan dalam tujuh prioritas utama pembangunan daerah, yakni pembangunan sumberdaya manusia, penguatan ekonomi kerakyatan, pembangunan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, peningkatan pembangunan sosial masyarakat, peningkatan kualitas pemerintahan dan pelayanan publik, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA :  Satlantas Polres Tulungagung Amankan Dua Kereta Kelinci

“Merujuk pada prioritas Indonesia Maju dan prioritas pembangunan daerah, maka untuk tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberikan ruang prioritas pada upaya pemulihan ekonomi dan upaya menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban,” ungkap Maryoto.

“Hal ini sesuai dengan tema Pembangunan yakni Pelayanan Publik dan Kondusivitas Keamanan dan Ketertiban dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi,” sambungnya.