Sambut Ramadhan, Lurah Serta Warga Kelurahan Kepatihan Bersih – Bersih Makam dan Doa Bersama

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Lurah bersama perangkat Pemerintah Kelurahan, Babinsa, BKTM, Linmas, karang taruna Putra Patih dan warga masyarakat Kelurahan Kepatihan, Kecamatan / Kabupaten Tulungagung mengadakan kerja bakti membersihkan area makam di TPU Kelurahan setempat, Minggu (19/03/2023) pagi.

Dengan membawa berbagai peralatan seperti cangkul, sabit dan sapu. Para warga dibantu oleh personil dari anggota perguruan pencak silat PSHT dan Pagar Nusa yang ada di Kelurahan Kepatihan. Setelah memasuki area makam, tanpa di komando mereka seperti sudah mengetahui tugasnya masing-masing dan mulai membersihkan rumput-rumput dan pohon liar di area makam.

Kepala Kelurahan Kepatihan Rio Hendrawan Nusantara, SE menyampaikan, bersih-bersih makam adalah sudah merupakan tradisi turun temurun, kegiatan rutin tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah yang sebentar lagi tiba.

BACA JUGA :  Kapolri Tekankan Pentingnya Jaga Persatuan-Kesatuan Bangsa Dihadapan Angkatan Muda Muhammadiyah

“Tradisi ini sudah biasa kami lakukan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Yang salah satunya dengan melakukan gotong royong membersihkan makam,” ucapnya.

Dikatakannya, bersih bersih memang bisa dilakukan kapan pun dan tidak ada ketentuan yang mengatur kapan untuk bersihkan makam, namun pada umumnya dan yang sudah turun temurun jika menjelang bulan suci Ramadhan warga masyarakat bersama sama bersihkan makam sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang atau keluarga yang telah mendahului.

BACA JUGA :  Pasca Kenaikan BBM, Polres Batu Berikan Bantuan Paket Sembako ke Puluhan Ojol

Menurut Rio, tidak hanya membersihkan rumput lebat yang tumbuh diatas makam dan sisi makam melainkan sebagai rasa hormat kita sebagai anak cucu kepada keluarga yang sudah di alam kubur dan juga sebagai kegiatan sunah yang mendapatkan pahala.

“Jadi selain membersihkan makam agar supaya menjadi bersih asri dan enak dipandang, ini adalah kegiatan spiritual untuk mendoakan ahli kubur dan untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT,” tambahnya.

BACA JUGA :  Sidak Grosir, Dinkes Tulungagung Temukan Sejumlah Produk Tidak Tercantum Mutu Keamanan

Lurah Kepatihan Rio Hendrawan juga mengatakan, kegiatan gotong royong ini juga dilakukan sebagai ajang silaturahmi antar warga, sekaligus sosialisasi akan pentingnya kebersihan lingkungan. Ia pun mengutarakan rasa bangganya kepada masyarakat Kelurahan Kepatihan yang guyub saling bahu membahu dalam kegiatan tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatanseperti ini kita bisa terus mempererat jalinan silaturahmi antar warga Kelurahan Kepatihan menuju masyarakat yang Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto dan lebih meningkatkan kebersihan lingkungan,” pungkas Rio. (Prn)