Bupati Maryoto Lepas Keberangkatan 1170 Jamaah Calon Haji Asal Tulungagung

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Sebanyak 1170 jamaah calon haji asal Kabupaten Tulungagung tahun 1443 H/2022 M secara resmi dilepas keberangkatannya oleh Bupati Drs. Maryoto Birowo MM di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (24/05/2023).

Bupati Tulungagung mengawali sambutannya mengatakan bahwa, haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu dari lima pondasi (rukun), yang dengannya akan tegak Agama Islam.

Setiap muslim tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji, karena selain merupakan kewajiban bagi yang mampu juga sekaligus kehormatan.

BACA JUGA :  DPRD Tulungagung Setujui dan Tetapkan Tiga Ranperda Menjadi Perda

“Untuk itu, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dengan suka cita dan turut berbahagia mengucapkan selamat atas akan diberangkatkannya Jamaah Calon Haji tahun 1443 H/2022 M ke tanah suci,” kata Maryoto.

Menurutnya, keberangkatan haji tahun ini merupakan hal yang patut disyukuri, karena seperti yang diketahui, pemberangkatan jamaah haji tertunda 2 tahun dan pada tahun 2022 kemarin masih dibatasi jumlah dan umurnya, karena situasi Pandemi Covid-19 yang belum kondusif.

BACA JUGA :  SekdaKab Lantik 26 Pejabat Administrator Dan 77 Pejabat Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung

“Dan Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan kuota bagi Calon Jamaah Haji Indonesia, sehingga Bapak-Ibu yang masuk berangkat tahun ini wajib untuk bersyukur,” tuturnya.

Bupati juga berpesan agar berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup, sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah ibadah haji.

BACA JUGA :  Peringati HUT RI Ke-77, Santri MI/Madin Gelar Do'a Bersama untuk Bangsa

“Demikian pula dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci, saya berharap Bapak-Ibu dapat memperluas ukhuwah Islamiyah dengan sesama jamaah, sebagai bentuk iman kepada Allah SWT yang hendaknya diwujudkan dengan senantiasa menjalin tali persaudaraan, terutama dengan sesama jamaah,” lanjutnya.