Berita  

Jaga Bondowoso Tetap Hijau, NKI dan Garda Bangsa Bagikan Tas Gratis

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Peduli terhadap lingkungan dan ikut menjaga alam, Garda Bangsa dan Nasim Khan Institut (NKI) membagikan 1.000 kantong ramah lingkungan, di Car Free Day (CFD) Alun-alun Ki Bagus Asro Ronggo, Minggu (4/6/2023).

Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghijaukan Bondowoso. Yakni, mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Menurut Ketua Dewan Koordinator Cabang (DKC) Garda Bangsa Bondowoso, Achmad Muhyidin, melalui gerakan nyata ini pihaknya ingin mengingatkan masyarakat Bondowoso bahwa kondisi alam sedang rusak karena ulah manusia.

Karena itulah, pihaknya mengajak masyarakat agar memulai gaya hidup hijau. Minimal dengan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai.

BACA JUGA :  Melalui Program Jasa Konsultasi, LPEI Dorong UMKM Mendunia

“Karenanya Garda Bangsa Bondowoso dan NKI mengadakan bakti sosial bagi-bagi kantong ramah lingkungan. Sehingga bisa digunakan sehari-hari,” jelasnya

Pria akrab disapa Bro Didin ini, berharap dengan aksi nyata ini setidaknya bisa mengurangi sampah plastik. Selain itu, diharapkan aksi ini bisa menginspirasi masyarakat dan para tokoh untuk turut melakukan gaya hidup hijau.

Di lain sisi, Garda Bangsa sebagai sayap partai PKB berharap pemerintah juga membuat Peraturan Daerah (Perda) stop penggunaan kantong plastik.

Ini dinilainya penting karena tanpa ada peran pemerintah maka usaha dalam hal mengurangi sampah plastik ini akan sia-sia.

“Kami berharap pemerintah mengeluarkan Perda untuk stop penggunaan kantong plastik,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jelang HUT Lalu Lintas ke-67, Ditlantas Polda Jatim Gelar Jalan Sehat Bersama Pelajar dan Masyarakat

Ia sadar bahwa melakukan aksi ini tak cukup sampai disini. Karena itulah, pihaknya akan terus melakukan aksi-aksi serupa di berbagai kesempatan lainnya.

Di lain sisi, pihaknya melalui legislatif PKB juga akan bergerak untuk mendorong lahirnya Perda stop penggunaan kantong plastik.

Ditambahkan oleh, Direktur Nashim Khan Institut, Aurangzeb, bahwa aksi peduli terhadap lingkungan ini bukan semata hanya dilakukan saat musim tahun-tahun politik.

Melainkan pihaknya selalu komitmen terhadap apa yang bisa diperbuat untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat.

“Memang kita sayap pergerakan dari Bang Nashim. Kita akan selalu ada bukan hanya tahun-tahun politik,” urainya.

BACA JUGA :  Viral..!! Oknum Fotografer Lakukan Tindak Asusila, Begini Kata APFI Bondowoso

Melihat itu, pihaknya tak akan berhenti disini untuk terus mengajak masyarakat menjaga alam. Salah satunya, NKI juga akan melakukan aksi reboisasi dan kegiatan lainnya.

“Kita ingin mengadakan penanaman pohon, kita juga berharap reboisasi ini didukung kesadaran masyarakat,” pungkasnya.

Pembagian kantong plastik ramah lingkungan sendiri padat dihampiri pengunjung. Pasalnya, penampilan musik patrol Putra Ki Ronggo menarik perhatian masyarakat dengan lagu-lagu tradisionalnya.

Selain itu, sejumlah bakal calon legislatif dari PKB, sebut saja salah satunya mantan Wakil Bupati Situbondo yang kini menjadi Bacaleg DPRD Provinsi Jatim, H. Yoyok, Bacaleg DPRD Bondowoso Rusdi Hasan, dan lain-lain.
(Red/SMSI)