Upacara Adat Ulur-Ulur Telaga Buret, Bupati Tulungagung : Pelestarian Tradisi Budaya Lokal

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, SE menghadiri Upacara Adat Ulur-Ulur di Telaga Buret, Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Jumat (9/6/2023).

Upacara adat yang selalu digelar setiap tahunnya dalam penanggalan Jawa yakni pada bulan Selo di hari pasaran Jumat legi itu dilaksanakan oleh Masyarakat Adat Kasepuhan Sendang Tirto Mulyo Tulungagung dengan melibatkan empat desa di Kecamatan Campurdarat, yaitu Desa Sawo, Desa Ngentrong, Desa Gedangan dan Desa Gamping.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung akan senantiasa mendukung pelestarian adat tradisi budaya yang merupakan kearifan lokal, yang salah satunya yaitu pelestarian adat tradisi Ulur-Ulur Telaga Buret, Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat.

BACA JUGA :  Tercebur Kolam ikan, Balita di Kecamatan Sumbergempol Meninggal Dunia

“Hari ini, Jumat tanggal 9 Juni 2023, dalam penanggalan Jawa Bulan Selo, masyarakat Kasepuhan Sendang Tirto Mulyo bersama masyarakat Desa Sawo, Gedangan, Ngentrong dan Gamping melaksanakan Upacara Adat Tradisi Ulur-ulur Telaga Buret,” kata Bupati Maryoto.

BACA JUGA :  Petugas Damkar Tulungagung Evakuasi Hewan Liar yang Resahkan Warga

Menurut Maryoto, upacara adat tradisi Ulur-Ulur Telaga Buret merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia Tuhan Semesta Alam yang melimpah, berupa air mengalir tiada henti dari Telaga Buret yang membawa manfaat untuk pengairan lahan pertanian khususnya masyarakat Desa Sawo, Desa Gedangan, Desa Ngentrong dan Desa Gamping.

Bupati menambahkan, bahwa adat tradisi Ulur-Ulur Telaga Buret merupakan kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan, serta sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB ) pada Tahun 2020 lalu.

BACA JUGA :  Bersiap Laksanakan Tahapan Pemilu 2024, KPU Tulungagung Lantik 813 Anggota PPS

“Maka Pemerintah Kabupaten Tulungagung senantiasa mendukung terselenggaranya kegiatan ini, baik secara materiil maupun moril,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Maryoto juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Semoga kedepan akan lebih baik dalam kondisi masyarakat yang ayem, tentrem, mulyo lan tinoto dan selamat melaksanakan Prosesi Adat Ulur-Ulur Tahun 2023,” pungkasnya.