Minimalisir Pelanggaran, Dishub Tulungagung Berikan Edukasi Kepada Ratusan Sopir Truck

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung berikan edukasi peraturan lalu lintas kepada ratusan sopir truck di Tulungagung yang tergabung dalam komunitas Konco Sopir Nusantara (KSN), bertempat di halaman GOR Lembupeteng Tulungagung, Minggu (25/06/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Johanes Bagus Kuncoro mengatakan, edukasi keselamatan bagi sopir truk sangat penting, terlebih sopir truk muatan barang yang trayeknya jauh hingga lintas kota, seperti trayek dari Tulungagung ke Bali dan Jakarta. 

“Kita berikan edukasi ini agar mereka para sopir jangan sampai melakukan pelanggaran, utamanya Over Dimensi dan Over Loading (ODOL). Dan setelah ini kami akan terus melakukan edukasi lanjutan pada mereka,” kata Bagus.

BACA JUGA :  Lantik Dua Kapolsek, Kapolres Tulungagung Harap Pejabat Baru Segera Bangun Komunikasi dengan Seluruh Stakeholder

Ditempat sama, Perwakilan dari praktisi transportasi KNKT Anton Budiharjo, menyampaikan bahwa Dishub Tulungagung tidak hanya memberi edukasi, tetapi juga pelatihan pada sopir truk untuk keselamatan di jalan. Hal ini dikarenakan dari sumber KNKT, kecelakaan truk paling banyak di jalan tol. 

“Banyaknya terjadi kecelakaan tunggal karena pengemudinya kelelahan, dan pemicu kecelakaan lainnya diantaranya adalah kendaraan truk yang melaju di jalan, bermuatan beban berat,” ucapnya.  

BACA JUGA :  Satresnarkoba Polres Tulungagung Tangkap Pengedar Pil Koplo Asal Boyolangu, Sita BB 6 Ribu Lebih

Menurut Anton, faktor penyebab terjadinya kecelakaan diantaranya juga karena rem blong atau salah dalam pengereman. Oleh karena itu, ia menyarankan agar para sopir truck beristirahat sejenak, kurang lebih selama 30 menit setelah berkendara selama 4 (empat) jam. 

“Kelelahan bisa membuat / menyebabkan microsleep (tidur singkat) dan hal inilah yang membahayakan saat mengemudi,” tuturnya.

Sementara itu, Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo menambahkan, dengan dibentuknya Komunitas Konco Sopir Nusantara bisa menjadi wadah bagi para sopir di wilayah Kabupaten Tulungagung dalam menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) guna terpeliharanya pertumbuhan ekonomi dan menjadikan para sopir lainnya mengikuti peraturan berlalu lintas di jalan dengan mematuhi semua aturan yang berlaku. 

BACA JUGA :  Kepala UPT Puskesmas Ngantru : Masyarakat Berperan Penting Dalam Penanganan Stunting

“Kami sarankan kepada para pengemudi truk jika berkendara di jalanan yang menurun agar menggunakan gigi rendah, sedangkan untuk mengurangi kecepatan gunakanlah exhaust break. Dan jangan menggunakan rem kaki, karena ini akan menyebabkan rem blong,” pesannya.