Resmikan MPP di Tulungagung, Menpan RB : Ciptakan Sistem Pelayanan Publik Yang Lebih Baik

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, meresmikan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Tulungagung. Selasa, (18/7/2023).

Menpan RB Azwar Anas mengatakan kehadiran MPP merupakan wujud reformasi birokrasi yang berdampak terhadap perbaikan kualitas perekonomian daerah, khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kehadiran MPP menjadi upaya pemerintah untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih baik, transparan, dan akuntabel,” terangnya.

BACA JUGA :  Ketua Tanfidziah PCNU Bondowoso KH. Abdul Qodir Syam, Apresiasi Kinerja POLRI

Menurutnya, MPP bukan sekadar gedung, bukan sekadar formalitas, bukan sekadar memasukkan berbagai layanan didalamnya, dan tidak sekadar mewah, namun menjadi simbol bahwa pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan prima.

“Lahirnya layanan terintegrasi di MPP, tidak sekadar menggabungkan berbagai layanan dari instansi pusat dan daerah, namun juga diartikan sebagai simbol hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Baru Tulungagung

Anas juga menyampaikan bahwa, Kementerian PANRB juga secara simultan mendorong pemerintah daerah untuk menghadirkan MPP Digital.

“Tentunya upaya-upaya ini adalah untuk semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan akan administrasi kependudukan, perizinan, dan non-perizinan dari pemerintah,” tuturnya.

BACA JUGA :  Beri Penghargaan Anggota Berprestasi, Kapolres Tulungagung Ingatkan Pengelolaan Kamtibmas Kedepan Lebih Dioptimalkan

Dalam kesempatan tersebut ada lima MPP yang diresmikan secara serentak yakni, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Sampang, dan Kota Pasuruan.

Dengan demikian, jumlah MPP yang terdapat di Jawa Timur sebanyak 22 MPP, dan terdapat 139 MPP yang tersebar di Indonesia.