Bupati Bondowoso Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan dan Kontingensi

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin memimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam Rangka Kesiapsiagaan atau Kontingensi Menghadapi Bencana Alam, Non Alam dan Sosial di Kabupaten Bondowoso Tahun 2023. Kamis (10/8/2023) di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso.

Apel tersebut dilaksanakan di Alun-alun RBA Kironggo, Kamis 10/08/2023 ,diikuti TNI,Polri, Polri,BPBD,Sat Pol PP,Perhutani,DLH, Tagana,PMI masing masing 1 SSK.

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa posisi geografis Kabupaten Bondowoso berupa daerah pegunungan dan perbukitan kondisi tersebut menjadikan kepada Bondowoso memiliki berbagai potensi bencana. “Potensi bencana tersebut tersebar di sebagian wilayah dan berpotensi terjadinya bencana geografis gempa bumi, erupsi gunung api, dan bencana longsor serta kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Gandeng Advokat Kondang, PT. Buletin Nusantara Multimedia launching Portal Berita Berbasis IT

Bupati juga mengatakan, apel bencana alam maupun bencana sosial lainnya dan peralatan hari ini dalam rangka antisipasi menghadapi bencana di wilayah  Bondowoso. “Kesiapsiagaan sangat diperlukan untuk meminimalisir dampak peristiwa tersebut, baik berupa harta maupun nyawa,” terangnya.

Bupati juga menambahkan, bahwa selain itu perlu untuk mempersiapkan personil maupun peralatan dalam kondisi siap, jika sewaktu-waktu terjadi bencana dan dibutuhkan. “Dengan digelarnya apel ini kami berharap akan adanya peningkatan kewaspadaan dan melakukan segala kemungkinan akan terjadi. Penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah,” Tambahnya 

BACA JUGA :  Wujudkan Generasi Emas, Dinsos P3AKB Bondowoso Gelar Apresiasi Duta GenRe Tahun 2023

Bupati berharap masyarakat juga harus menjaga kewaspadaan dalam menghadapi bencana, untuk antisipasi dan kesiapan menghadapi bencana di Kabupaten Bondowoso.

Tak lupa juga Bupati menghimbau kepada seluruh instansi terkait agar melakukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca dan atau peringatan dini dari BMKG. “Selain itu harus menyiapkan seluruh aparatur dan berkoordinasi dengan TNI Polri untuk Kesiap siaga bencana,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Produk UMKM Binaan LPEI Pamerkan di Acara G20

Tak kalah pentingnya juga, kata Bupati, menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka siaga banjir akibat bencana alam lainnya. “Juga menyebarluaskan informasi potensi bencana melalui berbagai saluran informasi seluas-luasnya serta mengkoordinasikan proses kesiapsiagaan penyelamatan dan evakuasi,” pungkasnya.

Hadir dalam giat tersebut,Forum Pimpinan Daerah, Kepala OPD dan Camat Se-kabupaten Bondowoso, TNI, Polri, BPBD, Sat Pol PP, Perhutani, DLH, Tagana, PMI masing masing 1 SSK. (Yus)