Administratur KPH Perhutani Instruksikan Pada Semua Asper Untuk Menutup Akses Jalur Pendakian Gunung Diwilayahnya

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Melalui surat nomor 0045/058.4/BDW/2023 Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso Ir. Ronny Merdyanto S.Hut memberikan perintah kepada segenap Asisten Perum Perhutani (Asper) diwilayah kerjanya untuk melaksanakan penutupan seluruh jalur pendakian gunung menyusul maraknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang membahayakan bagi para pendaki.

Berdasar surat perintah tersebut Zainul Lutfi Asper KBKPH Bondowoso menindaklanjutinya dengan menutup jalur pendakian ke puncak piramid yang berada di petak 23A Hutan lindung RPH Curahadami.

“Jalur pendakian sangat curam bertumbuhan ilalang kering yang mudah terbakar sehingga akan sangat membahayakan dan pada lokasi tersebut sempat terjadi insiden yang menelan korban jiwa. Untuk itu saya laksanakan penutupan jalur pendakian guna menghindari terjadinya korban jiwa kembali,” Jum’at (22/9/2023).

BACA JUGA :  Kapolres Bondowoso beserta Jajarannya Memberikan Kejutan Kepada Keluarga Besar Yonif Raider 514/SY Kostrad

Dikonfirmasi terpisah melalui sambungan selularnya Ir. Ronny Merdyanto S.Hut membenarkan adanya perintah penutupan tersebut sampai batas waktu yang belum dapat dipastikan, diwilayah kerja Perhutani Bondowoso yang meliputi dua wilayah Kabupaten Bondowoso dan Situbondo ini tercatat ada tiga titik jalur atau rute pendakian yang sering dikunjungi para wisatawan. Antara lain Puncak Piramid di RPH Curahadami BKPH Bondowoso, Gunung Raung di wilayah RPH Sbr Wringin BKPH Sukosari dan puncak cikasur RPH Sumbermalang BKPH Besuki.

BACA JUGA :  Babinsa Kodim 0822 Bondowoso Pengamanan Malam Takbir Idul Adha 1444 H

“Jadi untuk menjaga keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, kami tutup jalur pendakian gunung tersebut,” pungkasnya. (Yus)