Kembangkan Wisata Soroboyo Kutho Lawas, Wali Kota Eri Sinergi Dengan SMSI Kota Surabaya

banner 468x60

Surabaya, ENEWS.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Surabaya untuk mengembangkan potensi wisata Kota Tua. Kawasan di sekitar Jalan Karet dan Jembatan Merah nantinya akan diusung menjadi destinasi wisata baru di Kota Pahlawan.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada Pengurus SMSI Kota Surabaya di ruang kerja wali kota di lantai 2 Balai Kota Surabaya, Rabu (6/9/2023). 

Pada pertemuan ini, SMSI Kota Surabaya mempresentasikan konsep wisata terintegrasi di sepanjang Kalimas dan kota tua.

Dalam audiensi ini Wali Kota Eri juga mengundang dinas terkait. Di antaranya, Satpol PP,  Disbudpar, Dinas Cipta Karya dan Dishub Kota Surabaya.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim perintahkan Kapolres Jajaran Salurkan Bantu Sosial Bagi Masyarakat Kurang Mampu

“Konsep ini pas dengan pemikiran saya, Bagus. Mari kita jalankan bersama,” tegas Wali Kota Eri usai mendengarkan paparan konsep wisata Kota Tua.

Wali Kota juga meminta agar semua pihak membantu pelaksanaan konsep wisata yang disebut “Suroboyo Kutho Lawas” Ini.

“Saya juga minta pada dinas terkait untuk membantu teman-teman (SMSI Kota Surabaya) dalam pelaksanaan pengembangan wisata kota tua ini. Targetnya pas malam tahun baru (31 Desember 2023) sudah launching,” jelasnya.

Menurutnya, Pemkot Surabaya menginginkan kawasan kota tua hidup kembali.  Kawasan ini bisa didesain menjadi destinasi wisata khas yang bakal mendatangkan wisatawan, termasuk menumbuhkan perekonomian.

BACA JUGA :  Launching Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bondowoso

“100 persen saya setuju ide ini, dan Pemkot Surabaya tidak bisa berjalan sendirian. Ini akan menjadi kolaborasi yang indah antara Pemkot Surabaya dengan media massa,” tambah Eri Cahyadi.

“Saya ingin di minggu kedua bulan Oktober ini, desain jadinya sudah siap, setelah itu kita kerjakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Kota Surabaya, Iskandar Pribowo mengatakan, hari ini merupakan audiensi yang kedua. 

“Alhamdulillah,  konsep kami mendapat respon positif. Kami siap untuk menggarap wisata heriatge Kutho Lawas bersama Pemkot Surabaya,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Isa ini melanjutkan  SMSI Kota Surabaya sudah melakukan pemetaan lokasi dan mendesain wisata Kutho Lawas Suroboyo. 

BACA JUGA :  Apel Pagi Pertama PJ Bupati Bondowoso Berikan Arahan Positif Pada OPD Dilingkup Pemkab

“Ide-idenya nanti bakal kita gabungkan dengan konsep dari Pemkot Surabaya. Insya Allah kita siap di akhir tahun ini Kutho Lawas Suroboyo bakal dibuka,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya,  pengurus SMSI Kota Surabaya melakukan audiensi dengan Wali Kota Eri Cahyadi. Pertemuan dilaksanakan di ruang kerja wali kota di lantai 2 Balai Kota Surabaya, Rabu (6/9/2023) lalu. 

Pada pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu, Wali Kota Eri mengajak pengurus SMSI Kota Surabaya menggarap wisata Kota Tua. Sedangkan pertemuan kali ini adalah menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. (Yus)