Wujudkan Generasi Emas, Dinsos P3AKB Bondowoso Gelar Apresiasi Duta GenRe Tahun 2023

Bondowoso,  ENEWS.CO.ID – Dalam rangka mewujudkan generasi emas berkualitas di Kabupaten Bondowoso, atas nama dinas sosial P3AKB Kabupaten Bondowoso mengucapkan selamat datang di apresiasi Duta genre generasi berencana Kabupaten Bondowoso 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya partisipasi dan seluruh kontribusi pemikiran yang dilakukan sebagai upaya untuk apresiasi Duta genre ini bisa berjalan dengan maksimal,” tuturnya.

Kadinsos P3AKB menyampaikan bahwa rangkaian apresiasi Duta GenRe tersebut sudah di mulai tahapannya sejak setengah bulan yang lalu dimulai dari pendaftaran, kemudian penilaian administrasi kemudian juga terpilihlah beberapa finalis waktu itu sampai dengan 20 besar.

“Jadi yang hari ini tampil adalah 20 Besar Finalis dan hari ini akan menampilkan kepiawaiannya, fashionnya talent-nya untuk bisa kita Sumbangkan, apa yang mereka bisa berikan apa yang mereka bisa kontribusikan,” urainya.

Selain itu pihaknya akan berkomitmen dalam penyiapan generasi emas berkualitas,” harus dimulai dari saat ini dan harus kita mulai dari kita semuanya,” tukasnya.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Dan Forkopimda Hadiri Grand Opening Citiplaza Bondowoso

Ia menjelaskan, sesuai dengan arahan presiden bahwa tahun 2045 ketika Indonesia berusia 1 abad atau 100 tahun Indonesia harus terdiri dari generasi emas berkualitas 22 tahun yang akan datang tentu bukan waktu yang lama sehingga karena hari ini 30% penduduk Indonesia dan 30% penduduk Bondowoso itu terdiri dari generasi milenial anak-anak yang usia 12 sampai dengan 20 tahun.

“Mereka 22 tahun yang akan datang yang akan menggantikan kita semua melanjutkan kepemimpinan Kabupaten Bondowoso,” ucapnya. 

Pihaknya juga berkomitmen untuk menyiapkan generasi emas berkualitas dengan sebaik mungkin, menurutnya, 20-30 tahun yang akan datang ditentukan oleh apa yang di lakukan sekarang.

Seperti yang disampaikan oleh Bung Karno bahwa,”Hadirkan aku 1000 orang tua akan kucabut semeru dari akarnya, tetapi hadirkan aku 10 pemuda akan kuguncangkan dunia, itu apa yang disampaikan oleh Bung Karno”.

“Maka kita yakin hadirnya anak-anak muda hadirnya generasi milenial akan membawa Bondowoso nanti menjadi Indonesia menjadi Bondowoso yang maju dan berkualitas,” tutupnya.

BACA JUGA :  Prosesi Pamit Sambut Bupati dan Wabup Bondowoso Berlangsung Khidmat

Sementara itu PJ. Bupati Melalui Plh. Sekda Bondowoso Haeriah Yulianti menyampaikan,  bahwa acara pada pagi hari ini adalah merupakan Apresiasi Duta GenRe Kabupaten Bondowoso pada tahun 2023.

“Kita ketahui bersama bahwa keluarga adalah sumber kekuatan yang sangatlah besar untuk membangun bangsa dan negara jadi membangun bangsa dan negara itu dimulai dari keluarga yang akan selalu menghidupkan memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut, sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang yang terjadi.

Persoalan yang sering terjadi di kalangan remaja adalah Pernikahan Dini perceraian, sex pranikah dan penyalahgunaan nafsa. 

Untuk itu perlu adanya terobosan dan inovasi untuk mencegah hal tersebut diantaranya dengan menggalakkan program 8 fungsi keluarga, 8 fungsi keluarga menurut badan kependudukan dan keluarga berencana nasional atau BKKBN ialah fungsi agama sosial budaya cinta dan kasih sayang perlindungan reproduksi pendidikan ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

BACA JUGA :  SekdaKab Lantik 26 Pejabat Administrator Dan 77 Pejabat Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya acara Apresiasi Duta GenRe Bondowoso tahun 2023 yang diselenggarakan oleh dinas sosial pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga berencana (P3AKB).

“Saya berharap melalui kegiatan ini nantinya akan terbentuk Duta GenRe yang dapat mengajak para remaja Bondowoso untuk kembali ke keluarga karena hanya dengan keluarga yang dapat memberikan rasa aman dan yang hakiki melalui konsep pendekatan keluarga,” ungkapnya.

Haeriah menambahkan, konsep pendekatan keluarga yang digunakan yakni keluarga berkumpul keluarga berinteraksi keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

“Dengan demikian maka akan dapat terwujud remaja yang cinta keluarga sehingga remaja tersebut juga memiliki cinta yang terencana serta dapat merencanakan kehidupan demi terwujudnya generasi emas di masa yang akan datang. Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua khususnya terhadap adik-adik remaja yang ada di Kabupaten Bondowoso,” pungkasnya. (Yus)