Momen HUT Provinsi Jatim ke-78: Satpol PP Bondowoso Mengkoordinatori Jatim Romantis, Gelar Bhakti Sosial Khitanan Massal

Bondowoso, ENEWS CO.ID – Dalam rangka memperingati HUT Jawa Timur ke 78, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bondowoso menggelar Bhakti Sosial dalam mendukung Jatim Romantis berupa khitanan massal dan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari anak ASN dan anak yatim piatu di Bondowoso. Sabtu (04/11/2023). Bertempat dipendopo Bupati.

Kegiatan ini merupakan bentuk spontanitas Gubernur Jatim dalam membentuk kepedulian terhadap seluruh Panti Asuhan dan Sosial yang ada di Jawa Timur.

Tampak hadir dalam giat tersebut, Pj Sekda Bondowoso Haeriah Yuliati, Asisten 3 Abdurrahman, Kasat Pol PP Slamet Yantoko dan jajaran, Perwakilan Kodim 0822 Bondowoso Kapten Inf Moeljanto, Perwakilan Polres Bondowoso Akp Didik , Ketua Baznas Ahmadi Susanto, Perwakilan Bank Jatim dan 30 peserta Khitan Massal.

Dalam sambutannya Pj Sekda Bondowoso menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi dari berbagai pihak guna mendukung kegiatan Jatim Romantis 2023.

“Kegiatan ini adalah kolaborasi dan bentuk kepeduliaan dari seluruh pihak terkait guna mendukung pelaksanaan kegiatan Jatim Romantis 2023 dalam memperingati HUT Jatim ke 78,” terangnya.

BACA JUGA :  Forkopimda Jatim Cek Pospam dan Posyan di Malam Takbir

Haeriah yuliati juga menghimbau kepada seluruh OPD di Bondowoso untuk bekerjasama dan memupuk kepeduliaan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk kegiatan yang baik seperti ini, dalam bentuk kepeduliaan terhadap masyarakat yang membutuhkan, saya harapkan kepada seluruh OPD untuk ikut mensukseskan program Gubernur Jawa Timur ke depannya,” ujarnya.

Diketahui giat khitanan massal kali ini merupakan puncak dari sejumlah rangkaian gelar sosial pada peringatan HUT Jatim ke 78 tahun dengan program sosial Jatim Romantis.

“Meski giat dadakan ini tidak dianggarkan secara resmi namun, berkat kolaborasi dari segenap stakeholder, Alhamdulillah rangkaian giat sosial dari awal hingga akhir berjalan lancar dan kondusif,” ungkap Pj Sekda Bondowoso.

Menurut Haeriah, gelar ini diharap dapat membangun kesetiakawanan sosial toleransi dan kepedulian terhadap sesama khususnya, dalam memuliakan anak-anak yatim piatu serta memandirikan panti sosial asuhan.

“Kami sebagai Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan sosial seperti ini, yang tidak hanya menciptakan momen kebahagiaan tetapi juga, memperkuat kebersamaan dan juga solidaritas di antara kita,” tandasnya.

BACA JUGA :  Bersama Warga Binaannya Babinsa Bantu Pasang Pipa Saluran Air PDAM

Dalam sambutannya Kasatpol PP Bondowoso, Slamet Yantoko menjelaskan, pada kesempatan hari ini pihaknya jajaran Satuan Polisi Pamong Praja di tingkat Gubernur sebagai koordinator kegiatan Jatim romantis.

“Di mana kegiatan ini terdapat beberapa item yang harus dilaksanakan di kabupaten di provinsi maupun di Kabupaten serta kota se Jawa Timur yang mana pada tanggal 3 dan tanggal 4 ini adalah acara Puncak kegiatan Jatim romantis,” terangnya.

Slamet juga menyampaikan, untuk kegiatan kebersihan lingkungan yang pertama itu kami lakukan di mushola Pemda kemudian kemarin bersama jajaran TNI Polri dan BSBK, BPBD, Satpol PP damkar telah melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sekitar jantung kota yaitu di kawasan alun-alun ki Bagus Asra.

“Serta melakukan kegiatan Jumat bersih di depan SD kota Kulon 1 sehingga pada saat pelaksanaan Shalat Jumat sudah tidak bau kencing dan memperbaiki mushalla yaitu keran-keran air yang ada di tempat ibadah,” ungkapnya.

BACA JUGA :  LPEI Jadikan Polandia Pintu Masuk Ekspor Indonesia ke Eropa Tengah dan Timur

Kemudian untuk kegiatan pemberian sembako selain ke Yarhima pihaknya juga melaksanakan bersama Bulog kegiatan dasar atau sembako murah dan dilaksanakan bersamaan dengan pesta rakyat beberapa saat yang lalu kemudian permainan anak dan olahraga ini dilakukan oleh tim Damkar Kabupaten Bondowoso di beberapa sekolah TK maupun PAUD berkaitan dengan pengenalan tentang pemadam kebakaran berkaitan dengan kegiatan.

Selanjutnya yaitu pelayanan administrasi kependudukan ini juga dilaksanakan di Bondowoso bersamaan dengan Pesta Rakyat yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu di alun-alun di bagus Asra, kemudian pemeriksaan kesehatan dan gizi.

“Jadi hanya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan tiga hari bersamaan dengan pelaksanaan pesta rakyat yang dilaksanakan di alun-alun,” paparnya.

Kemudian untuk pojok baca dan dongeng anak ini sudah kita rencanakan kemungkinan hari ini dengan Dinas Perpustakaan kami sudah koordinasi untuk memberikan pojok baca di Yarhimah yang kemarin di kota Kulon kita adakan kegiatan pemberian santunan,” pungkasnya. (Yus)