Sambut Pergantian Cuaca: Warga Klabang Lestarikan Tradisi Gelar Karapan Sapi

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Klabang, Tegalampel Bondowoso menyambut musim penghujan untuk menggelar berbagai kegiatan, salah satu diantaranya adalah Karapan Sapi dengan diiringi pelepasan 1000 ekor Burung Merpati. Minggu (05/11/2023).

Kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun dan diikuti oleh beberapa Desa di Kecamatan Tegalampel dan luar kota Bondowoso adalah bentuk rasa syukur menyambut musim penghujan. Kegiatan Karapan Sapi ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Bondowoso khususnya warga Desa Klabang.

Dalam sambutannya Kades Klabang Joko Tole menyampaikan bahwa kegiatan ini bukanlah perlombaan tetapi melainkan bentuk rasa syukur masyarakat Desa Klabang untuk menyambut musim hujan.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil 0822/01 Lakukan Pendampingan Dinas Peternakan Vaksinasi Hewan Ternak

“Kegiatan karapan sapi ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat khususnya warga Desa Klabang untuk pergantian musim kemarau ke musim hujan, dan para peserta sendiri adalah masyarakat setempat dan juga ada peserta yang dari luar Kota Bondowoso seperti Situbondo,” terangnya.

BACA JUGA :  12 Pejabat Baru Dilingkungan Perhutani Bondowoso, Resmi Dilantik

Joko Tole juga berharap untuk tahun depan tradisi ini tetap terjaga dan terlestarikan.

“Karapan sapi ini adat budaya dan tradisi masyarakat Desa Klabang dan semoga untuk kedepannya sebagai tetap terjaga,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Smart City, Semua OPD Dilibatkan Perumuskan Kebutuhan Masyarakat Bondowoso

Tampak hadir di acara tersebut Muspika Tegalampel beserta jajaranya, Kapolsek Tegalampel Sobingan, Babinsa 0822/03 Tegalampel Sunarto, Babinkamtibmas dan juga tokoh masyarakat setempat. (Yus)