Babinsa Curahdami Bersama Warga Ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Untuk mensukseskan program swasembada pangan di wilayah, berbagai upaya telah ditempuh oleh Kodim 0822 Bondowoso beserta jajarannya, mulai dari irigasi pembibitan dan mengenai pupuk telah diupayakan.

Salah satu upaya yang lain yakni Babinsa diikut sertakan dalam pelatihan pembuatan pupuk organik. Seperti yang dilaksanakan oleh Kopka Rusli yang merupakan Babinsa Koramil 0822/02 Curahdami. Sabtu (11/11/2023).

Kopka Rusli mengikuti pelatihan bersama kelompok Tani “Tani Makmur” dalam pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati bertempat di Balai Desa Pakuwesi Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. 

BACA JUGA :  Polres Bondowoso Melaksanakan Program One Day One Juz Bagi Setiap Anggota

Dalam kegiatan tersebut pemateri narasumber Ibu Mulyani PPL Curahdami menjelaskan, manfaat dari pupuk organik cair antara lain, meningkatkan kesuburan tanaman, meningkatkan kualitas kandungan hara dalam tanah.

“Sehingga tanah menjadi lebih gembur, menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Mengurangi polusi dan dampak sampah di lingkungan, hasil panen lebih sehat untuk dikonsumsi dan lebih tahan lama,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bupati Maryoto Lepas Keberangkatan 1170 Jamaah Calon Haji Asal Tulungagung

Mengingat pentingnya peran pupuk organik tersebut bagi peningkatan produktivitas hasil panen diharapkan para Petani segera menerapkan sistem tersebut.

Ibu Mulyani juga melatih tata cara pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik, sedangkan untuk pembuatan pestisida nabati, ia juga menerangkan bahan-bahan yang harus disiapkan adalah daun limbo, daun brotowali, buah gadung, buah mojo, sambiloto, daun sirsak batang serre serta tetes tebu. 

BACA JUGA :  Danramil 0822/01: Melalui Subuh Keliling Kita Makmurkan Masjid Sekaligus Sarana Komunikasi dan Silaturahmi

“Kesemua bahan tersebut dicacah sampai rata kemudian dimasukkan tong dan ditutup secara rapat-rapat, tunggu sampai 15 hari untuk bahan tersebut siap digunakan,” pungkasnya. (Yus)