BPBJ Pemkab Bondowoso Gelar Bimtek, Tingkatkan Kapasitas SDM Guna Meminimalisir Tindak Pidana Korupsi

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Dalam rangka mendukung MCP KPK, dan meningkatkan kualitas SDM Pemkab Kabupaten Bondowoso Gelar Bimtek.

Bimtek yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso Berlangsung di Aula Sabha Bina II Selasa, (14/11/2023).

Dalam sambutanya Haeriah Yuliati, PJ. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bondowoso menjelaskan, Guna meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) setempat, menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek).

“Bimtek itu merupakan suatu wadah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan Kapasitas SDM di Bagian Barang dan Jasa,” terangnya.

Acara Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Haeriah Yuliati dan dihadiri, Pihak Kejaksaan, Inspektorat dan Jajaran Forkopimda lainnya.

BACA JUGA :  Masyarakat Kp. Ginid Distrik Kenyam Dahulu Sangkar KSTP Disambangi Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad

Usai membuka Bimtek, Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Haeriah Yuliati menjelaskan, suatu kegiatan yang melibatkan seluruh OPD untuk mengoptimalkan serta meningkatkan kapasitas SDM, utamanya di Bidang Bagian Barang dan Jasa.

Menurutnya, sebagai bentuk atensi dari Pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana Korupsi.

“Untuk meningkatkan kapasitas SDM, Utamanya di bidang Bagian barang dan jasa,” ungkapnya.

Kemudian, Haeriah memaparkan, dalam Bimtek peningkatan Kapasitas SDM dibidang Barang dan Jasa itu, sekaligus menjadi atensi bagi para OPD terkait, utamanya yang bersinggungan dengan perihal Bagian Barang dan jasa.

Haeriah mengakui, dalam Bimtek itu juga disebutkan sebagai bentuk antisipasi bagi Lingkup Pemerintah Kabupaten Bondowoso, dalam mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa.

BACA JUGA :  Tergelarnya Rapat Bumdes, Babinsa Sumber Salam Berikan Imbauan

“Ini juga merupakan atensi dari KPK, yang juga masuk dalam MCP KPK, jadi pengadaan barang dan jasa itu sangat rentan sekali. Jadi kita tidak ingin teman-teman kita ini bersentuhan dengan hukum,” tuturnya.

Disamping itu, Haeriah juga menekankan kepada seluruh OPD yang hadir agar bisa mengimplementasikan semua paparan yang diberikan oleh Tim Bimtek.

Ditambahkannya, semua bentuk tindakan pidana Korupsi bermula dari Sumber daya Manusianya, maka dari itu Pemkab melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar Bimtek.

“Semua tindak pidana korupsi yang dilakukan bermula dari SDM, untuk itu kita melakukan peningkatan Kapasitas SDM ini,” tukasnya.

Disisi lain, Eko Pribadi Kepala Bagian (Kabag) Barang dan jasa Kabupaten Bondowoso menyampaikan, untuk narasumbernya dari semua rangkaian itu ada dari kejaksaan dan Inspektorat.

BACA JUGA :  Kasdim Bondowoso Sosok Penggugah Semangat Generasi Muda Melalui Wasbang

Hal tersebut di laksanakan dalam rangka mendukung MCP KPK, dan peningkatan kualitas SDM di tingkat desa pihaknya akan melaksanakan koordinasi dengan komisi tiga DPRD Bondowoso.

“Pada pagi hari ini terutama dalam rangka peningkatan kualitas SDM dalam hal aspek hukum pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan ini sesuai dengan aturan dan regulasi,” ungkapnya.

Sementara itu , Dalam acara Bimtek menghadirkan Pemateri dari Kejaksaan dan Inspektorat, untuk peningkatan kualitas SDM di internal.

“Nanti akan disampaikan pemateri kami dari bagian jasa berharap materi pengadaan barang dan jasa sehingga bisa bermanfaat bagi peningkatan kapasitas terutama dalam hal pengadaan barang dan jasa,” pungkasnya. (Yus)