TNI  

Babinsa Kodim 0822 Bondowoso Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Lele

banner 468x60

BONDOWOSO, eNews.co – Babinsa jajaran Kodim 0822 Bondowoso menghadiri Pelatihan di bidang Peternakan Khusus Budidaya ternak ikan lele yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bondowoso.

Kegiatan tersebut bertempat di kolam ikan milik Bapak Holil alamat Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso, Selasa (5/3/2024).

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2023

Disela kegiatan Pasiter Kodim 0822 Bondowoso mengatakan, Bahwa budidaya lele berkembang pesat dikarenakan antara lain:

1) Dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi.

2) Teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat.

3) Pemasarannya relatif mudah.

BACA JUGA :  HUT Bhayangkara Ke-77, Prajurit Kodim 0822 Bondowoso Nobar Wayang Kulit

4) Modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah.

Pengembangan usaha budidaya ikan lele semakin meningkat setelah masuknya jenis ikan lele dumbo ke Indonesia pada tahun 1985, saat ini muncul jenis Lele Sangkuriang dan Lele Phyton.

Kapten Arm Yonaidi menambahkan sosialisasi ternak ikan lele dalam terpal kepada masyarakat mempunyai tujuan adalah menerapkan sosialisasi pemberdayaan untuk masyarakat khususnya keluarga ekonomi menengah ke bawah.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Upacara Peringatan Ke-51 (KORPRI) Tahun 2022

“Budidaya ikan lele di terpal bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan cuan. Selain tidak memerlukan lahan luas, cara budidaya ini dapat membuat warga lebih produktif. Secara umum budidaya ikan lele biasanya dilakukan di media kolam semen atau terpal,” pungkasnya. (Pendim0822).