TNI  

Antisipasi Masalah Pertanian, Babinsa Koramil Grujugan Cek Pintu Air Irigasi

Kodim 0822
Anggota Kodim 0822 Bondowoso Saat Cek Pintu Air (Foto : Dok/Pendim 0822)

Bondowoso, eNews.co.id – Babinsa Koramil 0822/08 Grujugan Kodim 0822/Bondowoso Serka Steven bersama ketua HIPPA dan hulu air melakukan pengecekan kondisi pintu air manting untuk jaringan irigasi persawahan yang terletak di Dusun Krajan Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Sabtu (6/4).

“Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kondisi fungsi pintu irigasi masih normal, sehingga bisa digunakan untuk mengantisipasi berbagai masalah dalam bidang pertanian, khususnya mengatur pembagian air kepersawahan warga secara merata untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau”, ucap Serka Steven.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa dan petugas irigasi juga memastikan kondisi jaringan irigasi di wilayah Desa Kaliang masih berfungsi normal, sehingga masih bisa diandalkan untuk menopang sistem pengairan sawah yang dimiliki masyarakat.

BACA JUGA :  Jelang HUT TNI Ke-78, Prajurit Kodim 0822 Bondowoso Gelar Ziarah Nasional

“Kami Babinsa dan petugas irigasi berkeliling memantau kondisi irigasi untuk menghindari adanya kebocoran sehingga air terbuang percuma. Apalagi saat ini musim kemarau panjang sehingga persawahan warga hanya mengandalkan pasokan air dari saluran irigasi”, jelas Serka Steven.

BACA JUGA :  Mayor Inf Sabar Marihot Simanjuntak, Wadanyonif 514/SY/9/2 Kostrad. Menerima Penghargaan Soedirman Awards 2023

Serka Steven menambahkan, “Warga agar mengatur pembagian air secara merata agar semua persawahan bisa tercukupi kebutuhan airnya, jangan ada perselisihan dalam pembagian air dan apabila ada masalah segera sampaikan kepada Babinsa untuk dibicarakan secara musyawarah.

BACA JUGA :  Yonif Raider 514/SY melaksanakan syukuran doa bersama dalam Rangka kenaikan pangkat prajurit

Sumber Berita : (Pendim0822).