Presiden RI Joko Widodo Umumkan Rekrutmen CASN Tahun 2024, Ada Total 2,3 Juta Lowongan

Presiden RI Joko Widodo Saat Mengumumkan Lowongan CASN 2024
Presiden RI Joko Widodo Saat Mengumumkan Lowongan CASN 2024
banner 468x60

Jakarta, eNews.co.id – Rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024, dengan total formasi 2,3 juta. Menindaklanjuti hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) bergerak cepat untuk membahas kelancaran pelaksanaan pengadaan ASN di tahun ini.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam rapat Tindak Lanjut Pengadaan ASN Tahun 2024, di rumah dinasnya, mengatakan “Kita harus jemput bola agar pelaksanaan seleksi CASN tahun ini berjalan lancar dan terus semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pagi ini langsung rapat teknis untuk mendetailkan teknis rekrutmen,” ujar mantan Bupati Banyuwangi itu.

Sebagai Kementerian PANRB dirinya juga akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan terkait pembiayaan secara efisien dan efektif. “Setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, Kementerian PANRB menetapkan semua detail teknis rekrutmen ASN secara nasional untuk tahun 2024.” tambahnya.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Pengukuhan Forum Pengurangan Resiko Bencana

Anas kembali menegaskan pengadaan ASN dilaksanakan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta tidak dipungut biaya. Dengan tujuan dan prinsip tersebut, diharapkan kualitas dan kuantitas ASN akan lebih terukur dan terstandar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA :  52 Prestasi dan Penghargaan Yang di Raih Bupati Bondowoso Dari Awal Jabatan Sampai Masa Akhir Jabatan 2018-2023

Rekrutmen ASN dilakukan dengan menggunakan computer assisted test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga menjadi lebih transparan dan akuntabel.

Seleksi kompetensi yang dilaksanakan berbasis online, termasuk penggunaan teknologi pengenalan wajah (face recognition) sehingga semua potensi kecurangan bisa ditekan.

BACA JUGA :  Administratur KPH Perhutani Bondowoso Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Dilingkup Perhutani 

Nilai seleksi juga secara real-time bisa langsung diakses publik, termasuk live score-nya yang juga disiarkan melalui YouTube.

“Pengadaan CASN diperuntukkan bagi setiap WNI dan semuanya mempunyai kesempatan yang sama. Jadi kita pastikan pelaksanaan seleksi dilakukan secara transparan dan akuntabel,” pungkasnya.(Ekojhalu)

Sumber : Webside Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)