TNI  

Bangun Generasi Muda Demi Masa Depan yang Berkualitas Bersama Kasdim 0822 Bondowoso

banner 468x60

BONDOWOSO, eNews.co.id – Kasdim 0822 Bondowoso Mayor Inf Tanuri menjadi Narasumber Dialog Interaktif melalui siaran di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Mahardika di Jl. Letnan Karsono no. 47 pada Jumat, 15/3/2024.

Materi yang disampaikan dalam siaran tersebut terkait membangun Generasi Muda menuju Masa Depan yang Berkualitas dan dipandu oleh Dewi Karya Mahardika.

Diawal dialognya Kasdim 0822 Bondowoso menyampaikan pentingnya pembinaan untuk generasi muda menuju masa depan yang berkualitas seiring bertambahnya jaman yang semakin modern.

” Generasi muda adalah aset berharga bangsa. Dengan memberikan perhatian, pengajaran, dan bimbingan yang tepat, kita sedang berinvestasi pada masa depan bangsa,” jelasnya.

BACA JUGA :  Danramil Bersama Muspika Tlogosari Hadiri Pencanangan (BIAN)

Mayor Inf Tanuri juga mengatakan dengan memberikan bekal yang baik kepada generasi muda, dapat mencegah atau mengurangi masalah sosial, seperti adanya pernikahan dini, narkoba, kekerasan dan lain sebagainya.

” Adapun untuk permasalahan yang akan kita bahas kali ini adalah pernikahan dini yang sekarang banyak terjadi di kalangan usia muda di Indonesia, dimana batas usia minimal menikah diatur dalam undang-undang. Sesuai dengan aturan perundangan Nomor 16 Tahun 2019 yang membahas tentang Perkawinan, negara mengizinkan perkawinan pada pria dan wanita berumur 19 tahun. Sayangnya, faktanya tidak selalu sesuai dengan aturan yang dibuat oleh negara,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tim Gabungan Operasi Senyap Perhutani Gandeng Polsek Sumber Wringin Kembali Amankan Satu Unit Pick'up Suzuki Terciduk Muat Kayu Glondongan

Pernikahan dini yang sudah ada di masyarakat dapat menimbulkan masalah lain, seperti, rentannya terjadinya putus sekolah, kemiskinan, Meningkatkan peluang penularan penyakit seksual, rentan terjadi KDRT, keguguran rentan terjadi, meningkatkan risiko kematian pada ibu muda dan bayi, rentan terjadi perceraian, resiko stunting pada bayi yang dikandung ibu muda dan meningkatkan risiko depresi, trauma, dan stres pada pasangan.

BACA JUGA :  Bentuk Peduli Dandim 0822 Bondowoso Takziah Ke Rumah Wartawan Sibernews

Dalam hal ini, peran orang tua dan masyarakat juga memiliki peran yang penting dalam pembinaan generasi muda dengan memberikan kasih sayang, perhatian, dan pendidikan yang baik kepada anak-anak mereka, sehingga akan menghasilkan generasi muda handal yang mempunyai karakter yang kuat untuk bagus menyongsong Indonesia emas.

“Bersama aparat terkait dan terus melaksanakan sosialisasi serta terus menghimbau masyarakat untuk merubah cara pikir masyarakat seperti yang sudah diatur oleh pemerintah,” pungkas Kasdim 0822. (Pendim0822).