TNI  

MPLS SMK Taruna Husada, Serma Darwan Tanamkan Nilai Pancasila

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru merupakan kegiatan rutin di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut peserta didik baru. MPLS ini merupakan sarana melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah.

Pada tahun ajaran baru kali ini Koramil jajaran Kodim 0822/Bondowoso serentak menerjunkan para Babinsa untuk berperan serta dalam kegiatan MPLS di sekolah wilayah masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kewajiban kita sebagai Satuan Komando Kewilayahan dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, berdisiplin, dan berwawasan kebangsaan serta memiliki jiwa nasionalisme–patriotisme.

Seperti Babinsa Koramil 0822/02 Curahdami Kodim 0822/Bondowoso Serma Darwan melaksanakan MPLS yang berlangsung di SMK Taruna Husada alamat Desa Poncogati Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, Jatim, Selasa (18/7/2023).

BACA JUGA :  Tekan Penurunan Stunting, Babinsa Koramil Grujugan Bantu Berikan PMT

Dihadapan peserta didik baru, menyajikan materi Wawasan Kebangsaan dengan tema Dasar-Dasar Bela Negara, Empat Pilar Kebangsaan dan Nilai – Nilai Luhur Pancasila. Pada cuplikan sesi ini, tampak Serka Suratin mengupas Nilai –Nilai Luhur Pancasila dari Sila Pertama hingga Sila ke-Lima.

BACA JUGA :  Kodim 0822 Bondowoso Berikan Piagam Penghargaan Kepada 3 Media Terpilih

Tidak sebatas itu, Serma Darwan juga menjelaskan pula unsur Dasar Bela Negara antara lain Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa & Bernegara, Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban untuk bangsa & negara, dan Memiliki kemampuan awal bela negara. “Inilah modal dasar sekaligus kekuatan bangsa dalam menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia”, tandas Serma Darwan.

BACA JUGA :  Dandim 0825 Berikan Wasbang Di Stikes Banyuwangi

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : rdc