Kebakaran Kawasan Hutan Lindung Kembali Terjadi di Petak 87A RPH Blawan

banner 468x60

Bondowoso, ENEWS.CO.ID – Dalam terik panas ektrim yang masih berlangsung semakin menambah tingginya ancaman akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kebakaran kembali melanda kawasan hutan lindung dipetak 87A RPH Blawan. Rabu (18/10/2023) malam.

Berbagai upaya antisipasi karhutla kerap dilakukan oleh para Rimbawan bekerjasama dengan jajaran Forkopimcam dan forkopimda yang ada, namun demikian amukan si jago merah tetap menunjukkan eksistensi di beberapa titik lokasi.

Anton Sujarwo S.Hut Wakil Administratur KSKPH Bondowoso Selatan saat dikonfirmasi oleh media membenarkan bahwa kejadian karhutla diketahui oleh 2 orang petugas Perhutani yang sedang melakukan patroli sekira pukul 14.00 wib, mengingat lokasi yang miring dan terjal serta sulit dijangkau dengan kendaraan, 

BACA JUGA :  Kodim 0822 Gelar Vidcon Dzikir dan Doa Peringatan Isra' Mi'raj 1444 H/ 2023 M

“Akhirnya petugas gabungan yang terdiri dari Perhutani, forkopimcam kecamatan Ijen, BPBD Kabupaten Bondowoso, LMDH dan masyarakat sekitar hanya dapat melakukan pemadaman secara manual dengan cara di gebyok dan dibuatkan ilaran (sekat bakar) dan Alhamdulillah karhutla dapat dipadamkan dini hari,” terangnya.

BACA JUGA :  Sambut HPN, Perum Perhutani KPH Bondowoso Kerjasama Dengan LP2SM

Lanjut Anton menjelaskan sesuai identifikasi petugas luas lokasi kabakaran mencapai 5,5 ha.

Dikonfirmasi terpisah melalui selularnya Ir  Ronny Merdyanto S.Hut Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso menjelaskan, bahwa lokasi hutan lindung petak 87A berupa hamparan ilalang dan semak belukar yang memang sangat rentan terjadi karhutla pada musim kemarau.

BACA JUGA :  Pengerjaan Pembangunan Jalan TMMD 116 Bondowoso Sudah Mencapai 50 Persen

“Namun demikian kami dan seluruh jajaran tetap berupaya maksimal dalam rangka antisipasi dan penanggulangan bencana karhutla,” ungkapnya.

Ronny juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan penuh sehingga karhutla dapat dipadamkan. (Yus)