Secara Berkala Propam Polres Tulungagung Lakukan Pemeriksaan Senpi dan HT Dinas

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Sebagai Pembinaan dan Pengawasan Internal Polri, Seksi Propam Polres Tulungagung, melakukan Pemeriksaan Senjata Api Dinas Anggota Polres, bertempat di halaman Masjid Al Hafizd Mapolres Tulungagung. Senin (03/04/2023).

Kegiatan rutin Ops gaktibplin meliputi pemeriksaan kelengkapan dan pemeliharaan penggunaan pinjam pakai Senjata Api Dinas Polri. Dipimpin Langsung oleh Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, S.H., S.I.K, M.I.K., didampingi Kabag SDM Kompol Sucipto, SH dan Kasipropam Polres Tulungagung AKP M. Samsun dengan melibatkan personil Sipropam Polres Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Anshori menjelaskan, bagi Pemegang Senpi Dinas harus melewati Pemeriksaan Psikologi berkala serta sudah melalui penilaian pimpinan untuk kelayakan, bisa atau tidaknya seorang anggota Polri memegang Senjata Api Dinas dalam Bidang Tugas yang diembannya.

BACA JUGA :  Jelang Akhir Tahun, Balai Rakyat Tulungagung Dibuka Bupati Maryoto untuk Mal Pelayanan Publik

“Pemeriksaan senpi ini rutin dilakukan untuk mengecek kelengkapan administrasi dan fisik senpi”, jelasnya.

“Bagi anggota yang Surat Ijin Memegang Senja Api (SIMSA) nya mati langsung dilakukan penarikan senpi kemudian diserahkan kepada Logistik untuk digudangkan kembali”, sambungnya.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Oknum Perangkat Desa Jaten Wonodadi Blitar, ini Kasusnya

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan rutin ini dimaksudkan adalah sebagai bentuk pengawasan internal agar jangan sampai terjadi penyalahgunaan senjata api dinas, selain itu juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan dinas lain yakni alat komunukasi berupa HT yang di pegang personil.

BACA JUGA :  Antisipasi Kenakalan Remaja, Polres Tulungagung Lakukan Penyuluhan Kepada Pelajar

“Selain senpi juga dilakukan pemeriksaan alat komunikasi yang dipegang oleh personil berupa handy talky (HT)”, tutup Kasi Humas. (parno/restu)