DAK 2022 Rampung, Kabid Paud Dikmas Dispendikpora Tulungagung : Sudah Serahterima ke Lembaga

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 untuk pengerjaan pembangunan fisik (rehabilitasi) ada 6 item yang diperuntukkan dan diterimakan ke 36 lembaga di lingkup Bidang PAUD dan DIKMAS Dispendikpora Tulungagung telah selesai.

Kini, Bidang PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung, sudah menyerah terimakan ke puluhan lembaga tersebut. DAK yang bersumber dari APBN, meliputi DAK fisik maupun non fisik.

Kepala Dispendikpora Tulungagung melalui Kabid PAUD dan DIKMAS, Bina Andari Nurmaning, kepada awak media saat di ruang kerjanya membenarkan jika DAK fisik ada 6 item yang diperuntukkan dan diterimakan kepada 36 lembaga sekolah, dibawah naungan bidangnya kini telah selesai.

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Tulungagung Ahmad Baharudin Salurkan Bansos Bagi Warga Terdampak Banjir di Desa Ngranti

Dari penjelasannya, adapun rincian 6 item DAK Fisik untuk puluhan lembaga yaitu, yang pertama adalah rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya di 4 lembaga. Yang kedua adalah rehabilitasi ruang guru dan kepala sekolah sebanyak 1 lembaga.

BACA JUGA :  Jelang Akhir Tahun, Balai Rakyat Tulungagung Dibuka Bupati Maryoto untuk Mal Pelayanan Publik

Selanjutnya, yang ketiga pembangunan area bermain luar ruangan beserta APE (Alat Permainan Edukatif) luar ruangan kepada 3 lembaga. Kemudian keempat, pembangunan toilet (jamban) beserta sanitasinya untuk 3 lembaga. Kelima, pembangunan ruang guru dan kepala sekolah sebanyak 6 lembaga.

“Dan terakhir keenam, pembangunan ruang UKS sejumlah 23 lembaga namun ada 4 lembaga yang tidak bisa dilaksanakan dikarenakan status lahan masih bermasalah, sehingga yang diproses hanya 19 lembaga,” imbuhnya menjelaskan, Jumat (25/11/2022).

BACA JUGA :  Ciptakan Harkamtibmas, Polres Tulungagung Akan Optimalkan Kembali Pos Kamling

“Alhamdulillah semua pengerjaan sudah selesai dan sudah diserah terimakan kepada masing masing lembaga sekolah,” timpalnya.

Tahun 2022 ini, Bidang PAUD dan DIKMAS, Dispendikpora Tulungagung, telah mendapatkan DAK yang diterimakan sebanyak 75 lembaga untuk PAUD formal yaitu, di antaranya 4 lembaga TK Negeri dan 71 TK swasta.