Rutin Gelar PAK SICOMO di Sekolahan, Tingkatkan Kepercayaan Diri Peserta

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Sejak dilaunchingnya program PAK SICOMO (Pelayanan SIM Coaching Clinic Mobile) bulan Agustus 2022 lalu, hingga kini Satlantas Polres Tulungagung tetap melaksanakan program tersebut secara berkelanjutan atau kontinyu.

“PAK SICOMO ini merupakan bentuk pengembangan dari inovasi E-Book ujian teori yang juga telah dilaunching Dirlantas Polda Jatim sebelumnya,” ucap Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Rahandy Gusti Pradana melalui Kanit Regident Satlantas Polres Tulungagung Iptu Bagus Tejo Purnomo seusai melaksanakan program PAK SICOMO di SMA Veteran Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Selasa (31/01/2023).

Dikatakannya Inovasi yang dilaksanakan pada tiap hari Selasa tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan singkat dalam bentuk pelatihan atau sesi perorangan yang ditujukan untuk penguasaan pengetahuan dan kecakapan perorangan dalam melakukan ujian praktek SIM (Surat Ijin Mengemudi).

BACA JUGA :  Gadaikan Mobil Rental, Pria Asal Kepatihan Ditangkap Polisi

“Program ini kita laksanakan di sekolah – sekolah tingkat SMA/SMK atau sederajat di wilayah Tulungagung, baik negeri maupun swasta dan saat ini yang telah terdaftar ada 54 sekolah,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Urai Kapadatan Pada Arus Mudik, Polres Tulungagung Bersama Dishub Lakukan Rekayasa Jalan di Jembatan Lembu Peteng

Lebih lanjut Bagus menjelaskan, program tersebut dilaksanakan secara rutin di masing – masing sekolah yang ada di Tulungagung dengan harapan agar para siswa yang sudah berusia 17 tahun dan sudah ber KTP bisa mendapatkan pengarahan atau edukasi terkait bagaimana cara pengurusan SIM mulai dari tes kesehatan, psikologi, ujian teori hingga ujian prakteknya.

“Program ini bertujuan agar nantinya para siswa yang masih tergolong usia pemula ini bisa paham saat awal mengurus SIM dan tahu bagaimana cara saat melakukan ujian teori maupun praktek hingga lulus mendapatkan SIM dan Alhamdulillah semua sekolah yang kita datangi sangat antusias,” jelasnya.

BACA JUGA :  Media Gathering, KPU Tulungagung Umumkan Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

Selain itu menurut Bagus Unit Satpas Satlantas Polres Tulungagung juga memberikan pelayanan berupa Remedial Teaching yaitu berupa pelatihan gratis uji praktek kepada pemohon SIM yang gagal dalam ujian praktek SIM yang dilaksanakan di halaman Satpas setempat pada tiap hari Selasa dan Jumat dimulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.