Beri Penghargaan Pemenang Lomba Satkamling, Kapolres Tulungagung : Masyarakat Harus Bisa Jadi Polisi Bagi Diri Sendiri Keluarga dan Lingkungan

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Kapolres Tulungagung, Polda Jatim AKBP Eko Hartanto, menekankan kepada seluruh personilnya untuk selalu responsif dalam membantu masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres saat apel pagi hari Senin, (29/05/2023) pagi. Dalam arahannya Kapolres menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif dalam lomba Siskamling dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara yang ke 77 di wilayah hukum Polres Tulungagung.

“Kita ketahui bersama bahwa siskamling berubah nama menjadi Satkamling yakni Satuan Pengaman Lingkungan yang dibentuk oleh masyarakat atas kemauan, kesadaran dan kepentingan untuk mengamankan lingkungannya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Cabuli Anak dari Istri Sirinya, Pria Asal Surabaya Dijebloskan ke Sel Tahanan

Dikatakannya, jumlah personil Polri dibandingkan dengan jumlah Masyarakat yakni 1 banding 1000 lebih, tentunya tidak standar dalam pengelolaan kamtibmas, maka menurut Kapolres perlu adanya peran serta seluruh stakeholder untuk ikut membantu menjaga kamtibmas di lingkungannya.

“Masyarakat harus menjadi Polisi bagi dirinya sendiri, juga untuk menjadi Polisi bagi keluarga dan lingkungannya. Dan meskipun sudah ada Polisi RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa, kami minta agar masyarakat bersinergi dan bekerja sama ikut menjaga masing masing lingkungan dari RT hingga Kelurahan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Akhir Tahun 2022 Kejari Tulungagung Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Yang Telah Inkracht

Kapolres berharap, bahwasanya kegiatan Satkamling ini jangan hanya pada saat dilombakan saja namun harus dipertahankan dalam rangka untuk menjaga keamanan lingkungan.

“Personil nantinya akan memberikan pembinaan di setiap kegiatan Satkamling, untuk harkamtibmas di wilayah Kabupaten Tulungagung tetap kondusif juga responsif membantu kesulitan yang dialami masyarakat,” imbuhnya.

Dalam Apel tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Pemenang lomba Satkamling diantaranya juara 1 diraih Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo dengan total nilai 947, juara 2 Desa Pagersari, Kecamatan Kalidawir dengan total Nilai 936 dan juara 3 Desa Bulus, Kecamatan Bandung dengan total nilai 920.

BACA JUGA :  Cegah Laka di Kawasan Wisata Bromo, Kapolres Malang Berikan Edukasi Keselamatan Sopir Jeep TNBTS

Sedangan untuk juara harapan 1 diraih Desa Kalangbret, Kecamatan Kauman total nilai 907, disusul juara harapan 2 Desa Sendang, Kecamatan Sendang total nilai 901 dan juara harapan 3 diraih Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu total nilaI 895.