Harlah Pancasila 2023, Bupati Tulungagung : Semangat Gotong Royong, Mengatasi Tantangan Dalam Membangun Peradaban Yang Berkelanjutan

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab setempat, Kamis (01/06/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo MM, turut hadir anggota Forkopimda Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung beserta para pejabat utama, kepala OPD, serta Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Tulungagung.

Momen peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini mengambil tema” Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”. Dalam sambutannya, Bupati Maryoto menyampaikan bahwa gotong royong adalah nilai yang melekat dalam jiwa bangsa Indonesia mengajarkan kita untuk saling membantu, bekerja sama, dan berbagi beban dalam rangka mencapai kemajuan secara komunal.

BACA JUGA :  Dua Pelaku Jambret Asal Malang Dibekuk Satreskrim Polres Tulungagung

Menurut Maryoto, dengan semangat gotong royong, dapat mengatasi tantangan dalam membangun peradaban yang berkelanjutan. Pada era yang dihadapi oleh globalisasi ini, tantangan dunia semakin kompleks dan saling terkait. Terdapat perubahan iklim, kemiskinan, ketimpangan ekonomi, dan konflik menjadi tantangan bersama yang harus kita pecahkan.

BACA JUGA :  Karyawan dan Karyawati Perum Perhutani KPH Bondowoso Ikuti Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksin Boster-2

“Melalui semangat gotong royong, kita dapat mencapai solusi bersama dengan berbagi pengetahuan, sumberdaya, dan teknologi untuk mencapai perubahan positif,” ucap Bupati.

Maryoto menuturkan, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA :  Polisi Tetapkan Tersangka, Empat Oknum Pesilat Pelaku Penganiayaan di Ngunggahan Bandung

“Kita bersatu untuk membangun bangsa merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” tandas Maryoto.

Dalam kesempatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional ke 115 dengan mengambil tema, “Semangat Untuk Bangkit”. (Parno)