Rumah Sakit Tarakan dan Cilacap Belajar Tata Kelola ke RSUD dr. Iskak Tulungagung

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Tidak hanya dilirik oleh rumah sakit di Pulau Jawa, ragam inovasi dan tata kelola managemen RSUD dr. Iskak Tulungagung pun menarik perhatian rumah sakit dari luar Jawa.

Kali ini, RSUD dr. H. Jusuf SK, Tarakan Kalimantan Utara dan RSUD Cilacap bertandang ke Tulungagung, kedua rumah sakit tersebut tertarik untuk mempelajari inovasi dan tata kelola yang dilakukan RSUD dr. Iskak. Senin (29/5/2023).

Rombongan dipimpin langsung Plt. Direktur RSUD dr. H. Jusuf SK, Tarakan Kalimantan Utara, dr. Budi Aziz B, Sp. PK dan Direktur RSUD Cilacap dr. Ichlas Riyanto, M.M., mereka menyampaikan kekaguman atas kinerja RSUD dr. Iskak. Salah satunya tentang tata kelola manajemen dan inovasi pelayanan rumah sakit.

BACA JUGA :  Satlantas Polres Tulungagung Amankan Dua Kereta Kelinci

“Tujuan kami kesini untuk belajar remunerasi, inovasi pelayanan, pengadaan barang jasa, pola pengelolaan laboratorium dan instalasi gawat darurat,” kata dr. Budi Aziz B, Sp.PK.

Direktur RSUD Cilacap dr. Ichlas Riyanto, M.M. menambahkan, meski masih berstatus Rumah Sakit Pendidikan tipe B, namun inovasi dan prestasi yang dimiliki oleh RSUD dr. Iskak tak kalah unggul dengan rumah sakit milik pemerintah lain.

“Kami ingin sekali belajar dan membawa ilmu yang banyak dari sini untuk kemudian kami aplikasikan di daerah kami,” ucap dr. Ichlas Riyanto, M.M.

BACA JUGA :  Polsek Ngunut Salurkan Bantuan Uang Duka Kapolres Tulungagung Untuk Keluarga Korban Gantung Diri

Rombongan yang tiba sekira pukul 09.00 WIB disambut Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr Zuhrotul Aini Sp.A., M.Kes. beserta jajaran manajemen.

Aini menjelaskan inovasi layanan RSUD dr. Iskak dijalankan dengan menerapkan ‘kaizen’ (menanamkan kebiasaan dan perbaikan secara terus menerus) setiap tahunnya.

Hasilnya, terdapat 50 inovasi baru yang lahir dari setiap unit di RSUD dr. Iskak. Selanjutnya, inovasi tersebut disosialisasikan ke masyarakat luas.

BACA JUGA :  Dua Pelaku Pengeroyokan di Jalan Raya Selorejo Ngunut Ditangkap Polisi

“Selain itu ada terobosan lain yang telah RSUD dr. Iskak buat yakni dengan adanya hospital without wall (HWW). Salah satunya layanan homecare yang juga terhubung langsung dengan public safety center (PSC ),” ujarnya.

Menurut Aini, studi tiru semacam ini turut menjadi pembelajaran bersama bagi seluruh penyelenggara layanan kesehatan untuk sama meningkatkan mutu dan pelayanan.

Selain bertukar pikiran, Aini juga memaparkan pelayanan RSUD dr. Iskak dan tata kelola manajemen yang telah dibuat. Kunjungan diakhiri dengan melakukan hospital tour sesuai unit yang dituju. (humas/prn).