Bupati Tulungagung : Kunci Perbaiki Perekonomian Nasional Adalah Dengan Peningkatan Ekspor

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews.co.id – Dalam rangka mendorong peningkatan ekspor nasional di Kabupaten Tulungagung, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo MM membuka secara resmi acara Sosialisasi Kebijakan Ekspor dan Informasi Peluang Pasar Ekspor, bertempat di Hall Crown Victoria Hotel Tulungagung, Kamis (17/11/2022) pagi.

Acara tersebut mengambil tema “Peningkatan Potensi Produk Unggulan Daerah Dalam Menembus Pasar Ekspor”.

Dalam sambutannya, Bupati Maryoto menyampaikan, bahwa salah satu kunci untuk memperbaiki Perekonomian Nasional adalah peningkatan ekspor.

BACA JUGA :  Sempat Sembunyi, Pencuri Uang Puluhan Juta Rupiah Dibekuk Timsus Macan Agung

“Bukan hanya membantu para pelaku usaha tumbuh dan membuka lapangan kerja, tetapi juga untuk menghasilkan devisa dan mengurangi defisit transaksi berjalan kita,” ujarnya.

Bupati Maryoto menambahkan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan selalu melakukan Pembinaan, Pelatihan dan bantuan peralatan, kepada pelaku industri/IKM di Kabupaten Tulungagung.

“Selain itu, Disperindag Tulungagung juga memfasilitasi promosi perdagangan melalui pemasaran offline yakni Dekranasda, Pameran Expo ke luar daerah, Misi Dagang dan secara online melalui FB Dekranasda Tulungagung, Whatsaap Dekranasda, IG @dekranasda, Tokopedia dekranasdata, dan IKM Mart Tulungagung,” terangnya.

BACA JUGA :  Gedung Satya Haprabu Polres Tulungagung Diresmikan Bupati Maryoto

Lebih lanjut Maryoto mengatakan, informasi di Kabupaten Tulungagung pada tahun 2021 ada sekitar 21 pelaku eksportir dengan nilai Rp48.000.000.000, (Empat Puluh Delapan Milyar Rupiah).

“Dengan produk antara lain wastafel dari batu kali/alam, marmer dan teraso. Mosaic, newsprint paper 48,8 gsm, cangkang sawit, asam jawa, dan batu fosil. Dengan negara tujuan Malaysia, Rusia, Amerika, Belgia, Jerman, Belanda, Eropa dan Vietnam,” ucapnya.

BACA JUGA :  Terungkap Identitasnya, Mayat Perempuan Mengapung Di Sungai Brantas Jeli Karangrejo Warga Magetan

“Tapi kita tidak boleh cepat puas pada capaian saat ini, karena potensi pasar ekspor yang belum tergarap masih banyak dan masih amat besar, untuk itu perlu adanya kerjasama dengan semua pihak agar peluang ekspor terus bisa kita tingkatkan, semoga di tahun 2022 ini ekspor di Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan,” sambung Maryoto.