Insan Pers Tulungagung Gelar Diskusi dan Syukuran Hari Pers Nasional 2023

banner 468x60

TULUNGAGUNG, eNews co.id – Peringatan Hari Pers Nasional 2023 berlangsung sederhana di Kantor Media Online dan Streaming Liputan11.com, Jalan Kyai Mojo, Kelurahan Karangwaru, Kabupaten Tulungagung. Selasa (14/2/2023).

Acara tersebut diisi syukuran do’a bersama dan dialog interaktif, diikuti pengurus dan anggota media Liputan11.com serta sejumlah tamu undangan, diantaranya unsur OPD Kabupaten Tulungagung, Pakar Bahasa Indonesia, Praktisi Pendidikan dan Insan Pers dari berbagai Media yang bertugas di Tulungagung.

Ketua penyelenggara sekaligus Direktur Utama Media Liputan11.com Agus Riyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 ini mengangkat tema “Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat” itu merupakan moment bersejarah bagi seluruh Insan Pers di Indonesia khususnya di Tulungagung.

BACA JUGA :  Gadaikan Mobil Rental, Pria Asal Kepatihan Ditangkap Polisi

“Pengertian Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran khususnya untuk para jurnalis insan pers Tulungagung,” ucap Agus mengawali sambutannya.

Dengan mengusung sub tema “Menakar Kecerdasan Insan Pers Yang Profesional dan Bermartabat Pada Pesta Demokrasi”, menurutnya, dimana saat ini memasuki tahun politik, Pers dan berbagai pihak mesti menunjukkan harmonisasi dan sinergi.

BACA JUGA :  Polres Tulungagung Bagikan Bansos ke Warga Tidak Mampu di Desa Plandaan Kedungwaru

Sehingga kolaborasi sekaligus harmonisasi seluruh insan pers dengan seluruh stakeholder terkait juga dapat terus terbangun dengan baik akan tetapi mampu menjunjung tinggi netralitas.

“Di tahun politik seperti saat ini insan pers harus dalam posisi yang netral dan independen meskipun memang secara personal wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik,” tuturnya.

BACA JUGA :  Malam Jumat Berbagi, Komunitas 'Aku Wongmu Lo!' Bagikan Nasi Kotak

Pria yang akrab disapa Sentot ini juga mengingatkan, moment HPN tahun 2023 seorang jurnalis insan pers dalam penyajian sebuah informasi berita hendaknya profesional dan proporsional.

“Melalui peringatan ini, Insan Pers utamanya yang ada di Kabupaten Tulungagung semoga tetap solid dan terus semangat dalam menyajikan informasi berita, karya jurnalistik secara obyektif dan berimbang, sehingga mampu menjadi kontrol sosial yang profesional dan bermartabat,” ucapnya.